Resep Kue Bangket Susu Manis

Indonesia adalah salah satu negeri yang terdapat beragam budaya, tidak terkecuali dalam dunia kuliner yang juga terdapat ribuan masakan khas daerah yang akan semakin menambah kekayaan budaya Indonesia. Ada salah satu kue khas tradisional yang sangat menarik untuk kita bahas yaitu apa yang disebut-sebut sebagai kue Bangket. Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan pada forum Yahoo Grups, kue Bangket ini adalah kue tradisional yang bisa ditemukan di berbagai daerah di pulau Sumatera, Kalimantan atau daerah Melayu.

Kue ini adalah merupakan kue kering yang pada umumnya terbuat dari adonan tepung sagu dan santan yang akan terasa lumer ketika sudah masuk dimulut. Selain itu kue Bangket juga bisa mengembang yang dalam bahasa melayunya adalah Bangkit, sehingga mungkin karena hal inilah kue ini disebut demikian. Dalam perkembangannya kue Bangket ini juga cukup beragam jenisnya seperti kue Bangket Susu, Bangket Jahe, Bangket Pandan, Bangket Kacang dan mungkin masih ada yang lainnya.

Kue seperti ini memiliki rasa yang manis sehingga juga disukai oleh anak-anak, selain itu kue ini juga cocok untuk camilan keluarga, hidangan untuk menyambut hari raya atau juga hidangan jika ada tamu. Namun sayangnya menurut kami kue seperti ini tidak semua daerah di Indonesia ada, sehingga bagi anda yang penasaran ingin mencicipinya harus berkunjung ke beberapa daerah di Sumatera atau Kalimatan untuk bisa mendapatkannya.

Oleh karena itu bagi anda yang ingin mencicipi nikmatnya kue Bangket namun disekitar tempat anda tinggal tidak ada yang menjualnya, maka solusi yang terbaik adalah dengan cara membuatnya sendiri. Berkaitan dengan hal tersebut pada kesempatan kali ini kami juga akan berbagi tentang resep dan cara membuat kue Bangket yaitu yang merupakan jenis kue Bangket Susu. 
Resep Kue Bangket Susu
250 gram tepung sagu
40 gram susu kental manis
50 gram margarin
75 gram gula halus
1 helai daun pandan

Cara membuat:
1. Pertama sangrai tepung sagu dengan daun pandan, kemudian dinginkan
2. Jika sudah campurkan tepung sagu sangrai dengan margarin, gula halus dan susu kemudian aduk hingga merata
3. Cetak adonan bisa menggunakan cetakan kue satu atau kue nastar. Taburi cetakan dengan sedikit tepung supaya tidak lengket
4. Panggang kue bangket kedalam oven dengan suhu sedang(140 derajat celcius) kurang lebih seperempat jam
5. Jika sudah angkat dan dinginkan, kemudian pindahkan secara hati-hati karena mudah rapuh.

0 comments:

Post a Comment