Mengenal Buah Alpukat dan Cara Membuatnya Menjadi Jus

Apokat atau alpukat adalah salah satu buah yang sangat populer ditengah masyarakat Indonesia, dan pada umumnya dinikmati dengan cara dibuat minuman jus terlebih dahulu. Buah seperti ini merupakan buah musiman yang akan tumbuh banyak dipohonnya dan memiliki bentuk yang cukup unik yaitu bulat namun pada bagian bawahnya agak sedikit meruncing. Namun sayangnya pohon dari alpukat sangat dikenal masyarakat karena sering banyak ulat yang menghinggapi pohonnya, sehingga terkadang membuat kita agak enggan menanamya.

Alpukat memiliki nama binomial Persea americana dan secara global atau dalam bahasa inggris memiliki nama avokad atau avocado, yang memiliki daging yang sangat lembut berwarna hijau kekuningan, serta kulit yang berwarna hijau keunguan(tergantung varietas). Jika kita memakan buah ini secara langsung memang rasanya hambar, namun ketika dibikin jus dengan tambahan beberapa bahan pemanis maka rasanya akan sangat nikmat dan segar.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan buah apokat berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah yang konon kabarnya buah ini pada awalnya dikenal di daerah suku Aztek dengan sebutan ahuacatl(dilafalkan kira-kira "awakatl"). Hingga kemudian pada abad ke-16 bangsa Spanyol memasuki wilayah tersebut, dan menemukan berbagai tumbuhan termasuk buah apokat yang kemudian diperkenalkan di Eropa pertama kali oleh Martín Fernández de Enciso pada tahun 1519. Seperti kita ketahui jika Belanda adalah salah satu negara Eropa yang pernah menjajah Indonesia, sehingga buah Alpokat juga diperkenalkan ke Indonesia pertama kali pada abad ke 19, dan hingga sekarang buah ini masih dibudidayakan maupun tumbuh liar diberbagai daerah di Nusantara.

Sebagai salah satu jenis buah tentu Apokat atau alpukat juga kaya akan manfaat dan diantaranya adalah buah ini mengandung lemak sehat yang dibutuhkan tubuh, dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol "baik") sehingga dapat melindungi kerusakan oleh radikal bebas, dan mencegah diabetes. Alpukat mengandung karotenoid  dan merupakan salah satu samber terbaik, sehingga buah ini mampu mengoptimalkan penyerapan nutrisi, meningkatkan kesehatan fungsi sistem reproduksi dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu secara singkat buah ini juga memiliki manfaat sebagai anti-peradangan, mengurangi risiko penyakit osteoarthritis, rematik dan lain-lain.

Beberapa informasi manfaat tentang buah Apokat tersebut kami dapatkan dari sumber website dinas kesehatan provinsi Jawa Barat, dan apabila anda ingin mengetahuinya lebih lanjut silahkan berkunjung pada webste tersebut atau melaluli link dalam kurang berikut (http://www.diskes.jabarprov.go.id/index.php/subMenu/informasi/artikel/detailartikel/25).

Setelah sedikit membaca uraian tentang buah apokat atau alpukat, jika anda ingin menyantab buah tersebut dengan cara dibuat jus. Berikut adalah uraian mengenai cara membuat jus Alpukat yang segar dan sangat mudah, jika anda tertarik mencobanya silahkan baca yang dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
2 buah Alpukat berukuran besar
2 gelas air masak dingin
Sirup gula(gula pasir direbus dengan air hingga larut)
Es serut
Susu kental manis rasa cokelat

Cara membuat
1. Kerok daging alpukat dan masukan kedalam blender bersama sirup gula dan es serut, kemudian blenderlah hingga halus
2. Siapkan gelas dan tuangkan susu kental manis dibagian dinding gelas.
3. Jika sudah tuangkan jus alpukat yang sudah diblender pada gelas tersebut, kemudian tuang susu kental cokelat lagi sedikit pada bagian permukaannya.
4. Jus alpukat siap dinikmati.

Sumber buah Alpukat :
http://id.wikipedia.org/wiki/Apokat

0 comments:

Post a Comment