Cara Membuat Kue Lempok Durian Manis

Mungkin sudah kodrat manusia lebih suka dengan makanan yang memiliki rasa manis, terlebih lagi jika masih anak-anak maka mereka akan jauh lebih suka makanan yang memiliki rasa manis, dibanding orang dewasa yang lebih suka rasa yang beragam. Namun dalam hal ini bukan berarti jika anak-anak saja yang suka rasa manis, akan tetapi untuk semua usia juga bisa dipastikan juga suka rasa yang manis.

Mungkin karena faktor tersebutlah tercipta beraneka-macam kue tradisional yang memiliki rasa yang manis, bahkan di nergeri kita yang tercinta ini juga terdapat beragam kue-kue tradisional manis yang secara garis besar mirip dengan dodol walaupun namanya sangat beragam. Jika kita mengenal dodol di Jawa Barat dan Jenang di Jawa Tengah, maka mari kita juga menuju ke beberapa kota lainnya seperti Palembang, Bengkulu dan juga Pontianak Kalimantan Barat, yang memiliki kue khas tradisional mirip dodol dan disebut-sebut sebagai kue lempok durian.

Jika dilihat dari namanya tentu saja kue ini terbuat dari daging buah durian yang rasanya sangat manis alami dengan aroma khas buah durian. Jika anda penggemar buah tersebut maka akan lebih mantap lagi jika anda juga mencicipi kue Lempok seperti ini, terlebih lagi kue ini bisa dibilang sekitar 70%-80% bahannya terbuat dari daging durian murni dan sisanya adalah berupa gula pasir. Sehingga bisa kita bayangkan sendiri kenikmatan dari rasa kue lempok durian seperti ini yang tentu saja sangat manis dan khas.

Namun sayangnya kue seperti ini menurut kami sulit untuk bisa kita dapatkan diluar daerah yang kami sebutkan diatas, sedangkan mungkin sebagian dari anda ada yang sibuk sehingga tidak sempat berkunjung dan berwisata kekota-kota tersebut sekaligus membeli kue lempok. Oleh karena itu ada baiknya jika anda mencoba untuk membuatnya sendiri, dan jika anda tertarik berikut adalah resep dan cara membuat kue lempok durian.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
2 Kg buah durian, kemudian ambil dagingnya saja
500 gram gula pasir
1/2 sendok kecil garam

Cara membuat
1.  Siapkan panci atau kuali, kemudian campurkan semua bahan yang tersebut diatas.
2. Letakan diatas kompor dengan api sedang(jangan terlalu besar), kemudian diaduk-diaduk hingga semuanya larut dan merata. Lama waktu pengadukan bisa memakan waktu kurang lebih 3 jam.
3. Tunggu hingga adonan menjadi kental atau agak kenyal, kemudian adonan lempok bisa diangkat.
4.  Jika sudah dinginkan, kemudian kemas dalam plastik dengan kapasitas sesuai selera.

0 comments:

Post a Comment