Resep Kue Bolu Sarang Semut

Bermacam-macam kue bolu yang kita kenal dimasyarakat dengan cita rasa dan ciri khas masing-masing yang sangat menarik untuk terus disimak. Salah satunya adalah apa yang sering disebut-sebut oleh orang sebagai kue bolu Sarang Semut, yang menurut kami sudah tersebar diberbagai daerah di Nusantara sehingga kemungkinan banyak diantara anda yang pernah mencicipinya.

Jika dilihat dari namanya memang sangatlah unik, entah kenapa bisa dinamakan demikian, ataukah mungkin karena banyak masyarakat yang menganggap jenis kue bolu ini memang ada kemiripan dengan sarang semut karena tekturnya yang berongga-rongga. Selain itu kue seperti ini juga memiliki warna yang sangat cokelat agak kehitaman dan sangat legit rasanya sehingga tidak heran jika banyak orang yang sangat suka padanya.

Karena teksturnya yang berongga-rongga menurut kami kue ini juga ada kemiripan dengan kue bikang, namun tentu saja rasanya berbeda dan warnanya juga sangat berbeda, yaitu jika kue sarang semut berwarna cokelat sedangkan kue bikang memiliki warna kekuningan. Selain itu kue Sarang Semut ini ternyata juga memiliki sebutan lain yaitu Caramel Cake, karena kue ini juga terbuat dari gula pasir yang dipanaskan hingga menjadi karamel.

Sayangnya kami tidak menemukan informasi mengenai asal-usul dari kue yang sangat unik ini, namun yang pasti kue ini juga sudah ada sejak jaman dahulu. Namun sayangnya kue ini juga jarang ada yang menjualnya dan pada umumnya jika ada yang membuat hanya untuk keperluan acara-acara tertentu saja. Oleh karena itu bagi anda yang tertarik untuk membuat kue Sarang Semut ini, berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.
Resep Kue Sarang Semut
150 gram terigu, ayak
200 gram margarin kemudian lelehkan
5 butir telur ayam
150 ml Susu Kental Manis putih
1 sendok kecil soda kue
1 kayu manis bubuk
1 sendok kecilvanilla

Karamel :
250 gr gula pasir
250 ml air panas

Cara membuat
1. Buatlah karamelnya caranya, panaskan wajan anti lengket kemudian masukan gula hingga mencair, kemudian tuangkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga larut
2. Kocok telur kemudian tambahkan susu kental manis dan vanilla aduklah merata.
3. Jika sudah masukan tepung terigu dan bubuk kayu manis pada adonan telur diatas dan aduk kembali.
4. Tuangkan margarin yang telah dilelehkan kemudian diaduk, diikuti dengan karamel yang sudah dibuat kemudian aduk, dan yang terakhir tuangkan soda kue dan aduk kembali.
5. Siapkan loyang dan olesilah dengan margarin dan tepung tipis-tipis. Jika sudah tuangkan adonan dan masukan kedalam oven kemudian panggang sampai matang kira-kira 45-60menit.

0 comments:

Post a Comment