Resep Membuat Risoles dan Mengenal Sejarahnya

Beragam kue tradisional yang kita kenal dan ada di Nusantara, satu diantaranya adalah apa yang dinamakan dengan Risoles. Sudah pasti anda sangat tahu dengan jenis kue yang dimasak dengan cara digoreng ini, karena kue seperti ini sudah ada sejak jaman dahulu di Indonesia dan sudah tersebar luas sehingga pasti anda sudah pernah mencicipinya. Risoles pada dasarnya adalah pastri berisi adonan sayuran seperti wortel dan kentang yang sering kita jumpai di Nusantara namun juga tidak menutup kemungkinan bisa diisi bahan lain seperti daging.

Salah satu ciri khas dari Risoles yang cukup menonjol adalah bagian kulit yang pada umumnya dilapisi tepung panir atau tepung roti, sehingga permukaannya agak sedikit kasar namun memberikan cita rasa tersendiri. Selain itu Risoles pada umumnya berbentuk memanjang dan sedikit pipih, yang sangat nikmat ketika disajikan dengan cabai rawit hijau maupun saus.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan di Wikipedia kue Risoles sudah dikenal sejak pada abad ke-13, yang pada mulanya bernama  roinsolles. Pada awalnya camilan seperti ini sekedar hanya panekuk yang digoreng dengan mentega, hingga dalam perkembanganya diberi macam-macam isi dari daging cincang, sayuran dan lain-lain tergantung dari ciri khas daerah masing-masing. 

Di Belanda Risoles dikenal sebagai rissole, sedangkan di Perancis disebut sebagai rissoler, di Portugal dikenal dengan nama rissóis, dan untuk bahasa Inggrisnya adalah Rissole. Dalam hal ini mungkin disetiap negara pasti juga memiliki ciri-ciri khas masing-masing walaupun konsepnya secara keseluruhan ada kemiripan. Selain itu mungkin di Indonesia sendiri kue Risoles merupakan kuliner peninggalan jaman Belanda, karena negeri kita tercinta pernah menjadi daerah koloni Belanda selama berabad-abad sehingga terjadi pertukaran budaya termasuk dalam dunia kuliner. Namun dalam catatan untuk hal tersebut atau asal-usul Risoles di Indonesia, kami sendiri tidak menemukan informasi yang akurat.

Jika anda para ibu-ibu rumah tangga dan penghobi dunia masak-memasak tentu bisa membuat kue Risoles seperti ini, namun jika ada diantara anda yang belum pernah membuatnya dan ingin mencobanya, berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Bahan membuat kulit risoles
150 gram tepung terigu
1 butir telur ayam, kemudian dikocok
250 ml air
1 sdm mentega lelehkan
Garam secukupnya

Bahan isi

150 gram kentang goreng potong dadu
100 gram wortel potong dadu kecil-kecil
100 gram daging ayam rebus potong dadu
125 ml air
4 butir bawang merah, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
½ sendok kecil pala bubuk
2 tangkai seledri, iris halus(optional bila suka)
Garam, gula dan merica secukupnya

Bahan pelapis
2 butir telur kemudian dikocok
Tepung panir atau tepung roti

Cara Membuat Risoles 
  1. Buatlah kulitnya, campurkan semua bahan untuk kulit menjadi satu kemudian aduk hingga merata dan saring. Panaskan wajan anti lengket dengan sedikit minyak sayur kemudian ambil sedikit adonan dan dadar tipis.
  2. Buatlah bahan isinya, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Kemudian masukan kentang, wortel dan daging ayam dan aduklah hingga layu. Jika sudah tuangkan air, kemudian masukkan garam, pala bubuk, merica dan gula dan tunggulah hingga bumbu meresap. Yang terakhir masukan seledri dan aduk kembali hingga merata.
  3. Ambil satu lembar kulit kemudian tuangkan bahan isi ditengahnya dan gulung, bagian kedua ujungnya dirapatkan. Jika sudah celupkan pada kocokan telur kemudian gulingkan pada tepung panir hingga seluruh permukaan merata. Gorenglah hingga matang
  4. Sajikan dengan cabai rawit hijau atau saus.

0 comments:

Post a Comment