Resep Jajanan Cireng(Aci digoreng)

Selain cimol dan cilok ada salah satu jajanan tradisional lain yang juga cukup populer ditengah masyarakat yaitu apa yang dinamakan dengan cireng. Jika cimol adalah aci digemol dan cilok adalah aci dicolok, maka untuk cireng adalah singkatan dari aci digoreng. Ketiganya adalah jajanan dari Sunda yang sudah tersebar dibeberapa daerah di Nusantara dan sangat digemari oleh kalangan terutama anak-anak hingga orang dewasa.

Jajanan seperti ini sangat enak untuk dijadikan camilan ketika dimana saja, harganya juga sangat murah yang biasanya dijajakan oleh pedagang keliling dikampung-kampung hinga sekolah-sekolah. Cireng sesuai dengan namanya dibuat dengan cara digoreng, dan rasanya gurih selain itu ketika digigit juga terasa agak kenyal sehingga banyak orang yang suka dengannya.

Dalam perkembangannya Cireng terdapat bermacam varian rasa seperti penggunaan isi daging ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju dan lain-lain, yang bisa disajikan dengan sambal kacang atau juga saus. Menariknya lagi selain dijajakan oleh para pedagang keliling, kabarnya sekarang ada yang menjajakan jajanan Cireng secara online.

Cukup mudah memang untuk bisa mendapatkan jajanan Cireng seperti ini dibeberapa daerah, namun menurut kami ada beberapa daerah lain yang sekarang agak sulit untuk bisa menemukan pedagang Cireng. Oleh karena itu bagi anda yang sedang ingin memakan Cireng, namun agak kesulitan untuk mendapatkannya yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri. Apabila anda tertarik berikut adalah resep dan cara membuatnya.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
500 gram tepung kanji
250 gram tepung terigu
3 batang daun bawang kemudian iris halus
600 ml air
  
Bumbu Halus :
1 sendok makan merica bulat kemudian haluskan
4 siung bawang putih haluskan
1 sachet kaldu ayam bubuk
garam secukupnya

Cara membuat
1. Campur bahan-bahan seperti tepung kanji, tepung terigu dan irisan daun seledri kemudian ratakan
2. Tumislah bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum, kemudian tuangkan air tunggu hingga mendidih
3. Jika sudah air tumisan bumbu diatas, tuangkan sedikit demi sedikit pada adonan tepung kemudian aduk merata dan bisa dibentuk
4. Ambil adonan kira-kira 1 sendok makan dan pipihkan atau juga bisa dibentuk variasi sesuai selera, kemudian goreng hingga matang
5. Sajikan dengan sambal kacang atau saus

0 comments:

Post a Comment