Resep Membuat Kue Nastar Lebaran

Beragam jenis kue kering yang sering menghiasi meja tamu terutama ketika lebaran tiba, dan beberapa diantaranya sudah seperti menjadi tradisi yang rasanya tidak lengkap apabila menyajikan kue-kue tersebut ketika lebaran. Salah satu kue tersebut adalah apa yang sering-sering disebut sebagai kue nastar, yang tentunya anda pasti sangat tidak asing dengannya, karena kue bisa kita temukan dihampir setiap rumah ketika hari raya tiba.

Secara umum kue nastar memiliki bentuk yang bulat kecil dan terlihat imut, namun pada bagian dasarnya rata, selain itu kue nastar biasanya pada bagian dalamnya diisi dengan selai nanas sehingga rasanya masam manis ketika mengunyahnya. Beberapa ciri khas lain dari kue nastar seperti ini selain yang kami sebut diatas adalah ada yang diberi cengkih pada bagian atasnya yang dipasang secara tegak, selain itu juga dioles oleh kuning telur pada bagian permukaan atas sehingga terlihat lebih menarik.

Memang secara umum kue nastar sebagian besar orang membuatnya dengan diisi oleh selai nanas, namun dalam perkembangannya kue kering seperti ini juga ada yang membuat dengan isi selai stroberi dan lain-lain. Bisa dibilang kue nastar adalah kue yang legendaris, karena dari dahulu hingga sekarang kepopulerannya tidak pudar dan dari anak-anak hingga orang dewasa akan sangat suka dengan kue ini.

Namun sayangnya kue yang juga sering disebut sebagai Pineapple Cookies seperti ini hanya sering ada ketika lebaran dan acara-acara khusus saja, sehingga mungkin banyak diantara kita yang merindukannya. Oleh karena itu yang terbaik adalah membuatnya sendiri agar kita bisa menikmati kue nastar walaupun tidak dalam suasana lebaran. Jika anda tertarik berikut adalah resep dan cara membuat kue nastar.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
500 gram tepung teriu
50 gram tepung maizena
2 sendok makan susu bubuk
6 telur
350 gram mentega
125 gram gula halus

Bahan pelengkap
2 kuning telur untuk olesan
Selai nanas untuk isi
Cengkih kering secukupnya untuk hiasan, atau juga bisa keju parut maupun kismis. Pilih salah satu saja, namun jika pakai cengkih jangan sampai cengkihnya ikut termakan^^

Cara membuat
1. Pertama campurkan tepung terigu dan maizena, dan juga susu bubuknya. Jika sudah kemudian diayak
2. Kocok gula halus, margarin dan kuning telur, kemudian masukan adonan tepung diatas dan aduk merata dengan spatula hingga adonan bisa dibentuk.
3. Ambil sedikit adonan bentuk bulat, kemudian pipihkan dan isikan dengan selai nanas dan tutup kembali. Jika sudah atasnya tancapkan cengkih.
4. Taruh adonan pada loyang yang sudah diolesi margarin sebelumnya, kemudian masukan oven suhu 180 derajat celsius.
5. Tunggu kira-kira 20 menit kemudian keluarkan dan olesilah dengan kuning telur pada bagian permukaannya
6. Jika sudah masukan kembali pada oven, tunggu kira-kira 10 menit dan keluarkan kemudian dinginkan

0 comments:

Post a Comment