Cara Membuat Nugget Ayam Sendiri

Nugget adalah salah satu jenis makanan yang beberapa waktu ini memang sangat populer dimasyarakat, karena merupakan salah satu makanan cepat saji dan praktis. Hal ini karena apabila kita tidak memiliki lauk untuk makan atau sedang malas untuk memasak, maka makanan ini bisa kita jadikan sebagai salah satu alternatif untuk dijadikan lauk makan. Nugget sangat mudah untuk bisa kita dapatkan ditoko-toko dan juga mini market dalam keadaan masih mentah dengan harga yang tidak terlalu mahal, kemudian untuk menyajikannya tinggal menggorengnya sebentar.

Selain bisa dijadikan sebagai lauk, nugget juga sangat nikmat untuk dimakan langsung dengan saus apalagi jika masih dalam keadaan hangat, karena rasanya begitu gurih dan empuk. Sebenarnya jenis nugget sendiri juga cukup beragam dan salah satunya yang paling umum bisa kita temui adalah nugget ayam atau banyak yang menyebutnya sebagai Chicken Nugget.
 
Sesuai dengan namanya yaitu Chicken Nugget, tentu saja makanan ini terbuat dari daging ayam yang dihaluskan kemudian dicampur dengan adonan bumbu. Jika dilihat dari teksturnya bagian kulit dari nugget dilapisi dengan tepung panir sehingga memiliki tekstur yang sedikit kasar, selain itu pada umumnya bentuknya agak pipih dan sangat empuk ketika digigit.
Banyak anak-anak yang suka dengan makanan seperti ini, karena biasanya anak-anak terkadang susah untuk makan, namun ketika makan dengan lauk nugget pada umumnya mereka akan langsung suka dan mau untuk makan. Namun tentu saja bukan berarti nugget adalah makanan khusus untuk anak-anak, akan tetapi cocok untuk segala usia.

Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi mengenai asal-usul makanan yang bernama nugget ini, namun jika dilihat dari namannya kemungkinan besar bukan dari Indonesia, karena namanya sangat unik untuk diucapkan oleh masyarakat Indonesia. Selain itu walaupun makanan cepat saji ini sangat mudah untuk bisa kita dapatkan, mungkin ada diantara anda yang penasaran ingin membuatnya. Jika anda tertarik berikut adalah cara membuat nugget ayam sendiri beserta dengan resepnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
250 gram daging ayam giling tanpa kulit
3 lembar roti tawar tanpa pinggiran
1 butir telur
2 siung bawang putih, kemudian haluskan
75 gram bawang bombai, kemudian dicincang
1/4 sendok kecil merica bubuk
150 ml kaldu ayam
Garam secukupnya

Bahan pelapis
Tepung panir/tepung roti secukupnya
2 butir telur kemudian dikocok

Cara membuat
1. Rendam roti tawar dengan air kaldu ayam, kemudian lumatkan roti tawar tersebut.
2. Tumislah bawang putih dengan sedikit minyak hingga harum, kemudian masukan bawang bombaynya, tunggu hingga layu
3. Jika sudah masukan daging giling, bawang yang telah ditumis, beserta garam dan merica, pada roti tawar yang telah dilumatkan dengan air kaldu.
4. Siapkan loyang yang sudah diolesi minyak sedikit, kemudian tuangkan adonan diatas ratakan dengan ketebalan kira-kira 1 CM
5. Jika sudah kukuslah adonan dengan dandang hingga matang kira-kira 20-30menit kemudian angkat dan dinginkan
6. Potonglah nugget sesuai selera, kemudian celupkan ke dalam kocokan telur, kemudian guling-gulingkan ke dalam tepung roti hingga seluruh permukaannya merata.
7. Gorenglah dengan minyak hingga warna berubah kuning kecokelatan

0 comments:

Post a Comment