Resep Membuat Es Doger Segar

Sebelumnya kami membahas tentang es pisang ijo yaitu salah satu kuliner khas Sulawesi Selatan terutama di kota Makassar, sekarang mari kita menuju Jawa Barat karena juga ada sebuah sajian pelepas dahaga yang tidak kalah menariknya untuk dibahas. Kuliner ini adalah apa yang disebut-sebut sebagai es doger yang cukup familier ditelinga kita, karena rasanya yang sangat segar dan nikmat.

Es Doger memang banyak ditemukan didaerah Bandung maupun Jakarta, namun juga sudah tersebar luas dibeberapa daerah dinusantara, bahkan terkadang cukup sering dibeberapa acara resepsi pernikahan dibeberapa daerah, yang bisa dibilang umum menyajikan minuman segar dingin pelepas dahaga ini. Es Doger memang sangat khas, dengan penyajian es serut santan berwarna merah, juga berisi bermacam-macam bahan pelengkap seperti tape, pacar cina, dan lain-lain sesuai dengan variasi masing-masing.

Bagi anda mungkin sudah banyak yang pernah mencicipi segarnya es doger terutama yang tinggal dikota-kota besar, karena cukup banyak para pedagang yang menjajakan minuman es seperti ini. Namun walaupun es doger sudah tersebar dibeberapa daerah, bukan berarti ada disemua daerah dinusantara. Sehingga mungkin ada diantara anda yang belum pernah mencicipi es doger dan hanya sering mendengar namanya dibeberapa acara televisi yang menyebut-nyebutnya.

Oleh karena itu bagi anda yang penasaran dengan es doger, namun tidak bisa menemukan didaerah temapat anda tinggal, tentu saja solusi yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri. Jika anda tertarik berikut adalah resep dan cara membuat Es Doger.
Resep Es Doger
1 kg es serut agak halus
200 gram gula pasir
150 ml santan kental
300 gram kelapa muda kemudian diserut

Bahan pelengkap
Tape singkong
Tape ketan hitam
Pacar cina rebus
Cincau hitam potong dadu
Alpukat dipotong-potong
Susu Kental manis
Sirup warna merah bisa coco pandan atau frambozen

Cara membuat
1. Rebuslah santan dengan gula pasir, kelapa muda, ditambah sedikit garam, kemudian angkat dan dinginkan
2. Rebusan santan diatas tuangkan pada es serut yang telah disiapkan, kemudian aduk hingga merata dan masukan kedalam freezer hingga membeku. Usahakan setiap saat untuk mengaduk-aduk dengan tujuan agar es tidak menggumpal.
3. Jika semuanya sudah masukan bahan pelengkap sesuai selera, kemudian tuangkan es doger dan sajikan.

0 comments:

Post a Comment