Resep Membuat Bolu Kukus Gula Merah

Kue atau roti bolu kukus, adalah salah satu sajian yang sangat akrab dengan masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis dan empuk ketika digigit. Roti semacam ini pada umumnya memiliki ciri khas yaitu pada bagian permukaan atasnya mekar atau mengembang sehingga terlihat menarik, tanpa diberi variasi bahan tambahan. Selain itu kue bolu kukus sendiri yang sering kita kenal juga cukup beragam dan salah satunya adalah apa yang sering disebut-sebut orang sebagai roti bolu kukus gula merah.

Sesuai dengan namanya bolu kukus jenis ini menggunakan bahan pemanis berupa gula merah, sehingga warnanya berbeda dengan bolu kukus jenis lainnya yaitu berwarna cokelat alami. Selain warna tentu saja rasa dari bolu kukus ini juga agak berbeda dengan bolu kukus lainnya yaitu manis khas gula merah. Dengan perpaduan seperti ini bolu kukus gula merah menjadi sebuah perpaduan cita rasa modern dan tradisional, karena seperti kita ketahui jika kue-kue yang menggunakan bahan pemanis gula merah pada umumnya adalah kue tradisional.

Seperti bolu kukus lainnya, kue seperti ini juga sangat disukai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa, namun menurut kami roti bolu kukus gula merah kurang begitu populer jika dibandingkan dengan bolu kukus biasa maupun bolu kukus cokelat. Ketika kami survei di toko-toko kue hanya beberapa saja yang menjual bolu kukus dengan bahan pemanis gula merah seperti ini, padahal kue seperti ini tidak kalah nikmat dengan bolu kukus pada umumnya. Entah apa alasannya? atau mungkin dibeberapa tempat harga gula merah dengan harga jenis gula lainnya cenderung lebih mahal, sehingga para pedagang enggan membuatnya.

Bagi anda penggemar roti bolu kukus, tentu tidak lengkap jika belum merasakan bolu kukus dengan cita rasa gula merah, oleh karena itu bagi anda yang belum pernah mencicipinya sedangkan untuk mendapatkannya ditoko kue juga cukup sulit, ada baiknya mencoba membuatnya sendiri. Jika anda tertarik berikut adalah salah satu resepnya.
Resep Bolu Kukus Gula Merah
250 gram tepung terigu
250 gram gula merah kemudian disisir
1 sendok makan gula pasir
1 butir telur
1/2 sendok kecil soda kue
1/2 sendok kecil baking powder
200 ml air
100 ml minyak goreng

Cara membuat
1. Rebuslah gula merah sisir dengan air hingga mencair
2. Kocoklah telur dengan gula pasir hingga gulanya larut dan mengembang
3. Tepung terigu dicampur dengan soda kue dan baking powder, kemudian diayak
4. Jika sudah campurkan semuanya secara bergantian sambil diaduk dan jangan lupa minyak gorengnya, kemudian aduk kembali hingga benar-benar merata.
5. Ambil adonan tuangkan dalam paper cup 3/4 bagian atau sampai penuh.
6. Kukuslah selama kira-kira seperempat jam dengan api besar.
7. Jika sudah matang, angkat dan siap disajikan.

0 comments:

Post a Comment