Resep Bakpao isi Kacang Tanah

Kue Bakpao adalah salah satu jenis kue tradisional yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia dari masa ke masa, sehingga bisa dibilang jika kue seperti adalah kue legendaris yang tidak akan ada matinya. Kue Bakpao secara umum memiliki bentuk yang khas yaitu bundar yang pada bagian permukaanya sangat mencembung sehingga terlihat ranum dan membuat orang yang melihatnya saja terasa ingin memakannya.

Di Indonesia sendiri kue Bakpao juga cukup beragam yang dibedakan berdasarkan dari jenis isi yang digunakan, dan jika sebelumnya kami pernah membahas tentang resep dan cara membuat Bakpao yang berisi daging ayam yang rasanya gurih. Maka pada kesempatan ini kami akan membahas jenis bakpao dengan isi yang lain yang tidak kalah menariknya untuk dibahas. Bakpao ini adalah yang berisi kacang tanah yang kemungkinan besar anda sendiri pernah mencicipinya, karena menurut kami jenis Bakpao ini yang paling sering ada selain itu harganya juga terbilang lebih murah, dibandingkan dengan bakpao isi daging.

Bakpao isi kacang memiliki rasa yang manis dengan aroma khas kacang tanah, sehingga kue ini memang sangat disukai oleh anak-anak. Selain itu untuk bakpao jenis ini juga cukup mudah untuk bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional, pedagang sayur keliling hingga toko-toko kue dengan harga yang beragam.

Namun walaupun bakpao isi kacang tanah mudah untuk bisa kita dapatkan dari para pedagang, mungkin ada diantara anda yang ingin mencoba membuat sendiri bakpao seperti ini. Karena dengan membuat sendiri juga akan memberikan kepuasan batin tersendiri, selain itu tentu juga membutuhkan biaya yang lebih murah. Tidak perlu berpanjang lebar lagi jika anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.
Bahan yang dibutuhkan
300 gram Tepung terigu
150 cc Susu cair
50 gram Gula halus
1 sendok makan Instan yeast
25 gram Mentega putih
Garam secukupnya

Bahan isi
125 gram kacang tanah sangrai kemudian cincang agak halus
50 gram gula pasir
25 gram gula Merah
Minyak goreng secukupnya untuk menggumpalkan

Cara Membuat

1. Campurkan susu, gula dan garam kemudian aduk rata
2. Campurkan tepung terigu dan instan yeast hingga merata kemudian tuangkan susu diatas sedikit demi sedikit sambil diaduk, diikuti mentega dan uleni hingga kalis
3. Jika sudah biarkan kira-kira setengah jam sampai mengembang, sambil ditutup kain agak basah.
4. Buat bahan isinya caranya campurkan semua bahan isi kemudian aduk rata
5. Ambil adonan bakpao kira-kira 50 gram kemudian bulatkan dan bagian tengahnya isi dengan bahan isi yang sudah dibuat sesuai selera. Jika sudah bulatkan kembali dan letakkan diatas kertas roti kemudian biarkan dan diamkan sejenak.
6. Kukuslah bakpao hingga matang.

0 comments:

Post a Comment