Resep Kue Dadar Gulung Berisi Vla Enak

Jika sebelumnya kami pernah membahas 2 jenis kue dadar gulung  yang berisi kelapa dan pisang keju, maka untuk artikel kali ini masih seputar kue dadar gulung dengan jenis yang lain yaitu yang berisi vla. Kue dadar seperti ini memiliki rasa yang sangat manis karena berisi vla, sehingga rasanya ada kemiripan dengan kue sus yang pada umumnya sama-sama berisi vla yang terbuat dari susu. Namun perbedaanya tentu saja pada bagian kulitnya jika dadar gulung isi vla kulitnya terbuat dari telur sedangkan kue sus terbuat dari adonan tepung terigu.

Karena rasanya yang manis tentu saja kue dadar gulung isi vla sangat disukai oleh anak-anak, namun anehnya kenapa ditempat kami tinggal kue seperti ini sudah cukup sulit untuk bisa ditemukan, apalagi untuk dadar gulung isi kelapa. Padahal menurut kami kue seperti ini walaupun sudah ada sejak jaman dahulu, namun tetap tidak terlihat ketinggalan jaman yang tidak kalah dengan kue modern. Namun kami tetap yakin didaerah lain pasti kue dadar gulung isi vla masih banyak bisa ditemukan para penjualnya atau yang membuatnya untuk berbagai keperluan.

Sama dengan kue dadar gulung lainnya, jika kue ini pada dasarnya adalah berupa adonan telur sebagai kulit yang kemudian digunakan untuk membungkus bahan isinya. Pada umumnya kulit tersebut berwarna cokelat atau hijau yang dibuat dari pewarna alami. Sedangkan untuk bahan variasinya biasanya adalah parutan keju yang ditaburkan pada bagian atasnya beserta potongan chery agar terlihat lebih menarik.

Kue dadar gulung isi vla atau dahulu juga sering disebut sebagai kue Panekuk, adalah salah satu kue legendaris yang mungkin sudah banyak diantara anda yang sudah bisa membuatnya. Namun jika ada yang belum pernah membuatnya dan ingin mencobanya, pada kesempatan ini kami akan sedikit berbagi tentang cara membuat dan resep kue dadar gulung isi vla.
Resep Dadar Gulung Isi Vla
200 gram tepung terigu
500 ml susu cair
25 gram coklat bubuk
2 butir telur
2 sdm margarin yang telah dicairkan

Bahan untuk isi(vla)
500 ml susu cair
175 gram gula pasir
¼ sendik kecil vanili
2 kuning telur ayam, kocok
2 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat
1. Buatlah bahan kulitnya caranya adalah, campurkan beberapa bahan seperti tepung terigu, coklat bubuk dan telur, kemudian aduklah hingga rata. Jika sudah masukan susu sedikit demi sedikit dan margarin cair dan aduklah kembali hingga merata. Siapkan wajan anti lengket kemudian panaskan dan semir dengan sedikit minyak dan ambil sedikit adonan kemudian dadar tipis

2. Buatlah bahan isinya caranya adalah, campurkan susu, gula dan vanili kedalam panci kemudian rebus hingga mendidih. Jika sudah ambilah sedikit adonan tersebut ketika panas dan campurkan bersama telur kemudian kocok dan tuangkan kembali pada adonan susu tersebut, aduklah kembali hingga mendidih. Jika sudah baru tuangkan tepung maizena kemudian aduk hingga mengental kemudian angkat dan dinginkan.

3. Isilah kulit dengan vla sesuai selera dan gulung dengan rapi dan rapat.

0 comments:

Post a Comment