Resep Es Cincau Gula Merah Kuah Santan

Jika beberapa waktu yang lalu kami membahas tentang es cendol yaitu salah satu jenis minuman yang legendaris di nusantara, maka kali ini kami akan membahas jenis minuman atau es lain dengan bahan yang agak mirip dengan cendol karena sama-sama seperti jelly, yaitu apa yang sering disebut-sebut sebagai cincau atau cao. Cincau sendiri yang sering kita temui pada umumnya terbagi menjadi dua jenis yaitu cincau hitam dan cincau hijau, yang keduanya sama-sama nikmat jika digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman dingin.

Menurut kami cincau hijau sedikit terasa lebih kenyal ketika digigit, sedangkan cincau hitam agak mirip dengan agar-agar namun rasanya tawar. Cincau sendiri dibuat dari tumbuhan tertentu yang berdasarkan sumber Wikipedia seperti M. palustris(Janggelan) yang bisa dioleh menjadi cincau hitam, Cylea barbata Myers atau cincau hijau, Melasthoma polyanthum atau cincau perdu.

Jika dilihat dari namanya kemungkinan jelly seperti ini berasal dari Cina, karena "cincau" sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau. Sedangkan orang-orang bule juga mengenal jelly seperti ini yang mirip cincau namun dengan sebutan lain yaitu grass jelly.

Cincau memang sangat mudah untuk bisa kita temukan dipasar tradisional, selain itu penjual es cincau sendiri juga cukup banyak dibeberapa daerah. Namun selain dibuat sebagai es cincau, jelly-jelly seperti ini juga cocok dibuat untuk campuran es buah yang akan membuat rasanya menjadi lebih segar. Mungkin ada diantara anda yang ingin mencoba untuk membuat es cincau sendiri, terlebih lagi jika cuaca sedang panas pasti akan sangat nikmat rasanya. Jika anda tertarik berikut salah satu resep dan cara membuatnya.

Resep Es Cincau Gula Merah Kuah Santan
Cincau hitam atau hijau yang dipotong dadu
Es batu atau es serut

Bahan sirup gula merah
250 gram gula merah
1 helai daun pandan simpulkan
100 ml air

Bahan kuah santan
1 liter santan
2 helai daun pandan simpulkan
garam secukupnya

Cara membuat
  • Campurkan bahan sirup gulanya, kemudian rebus sambil diaduk hingga gulanya larut
  • Campurkan bahan kuah santannya, kemudian juga direbus hingga mendidih kemudian dinginkan
  • Cara menyajikan tuangkan cincau, 3 sendok sirup gula, kemudian kuah santan dan es batu. Jika ingin lebih segar juga bisa diberi susu kental manis rasa cokelat.
Sumber tentang cincau :
http://id.wikipedia.org/wiki/Cincau

0 comments:

Post a Comment