Resep Membuat Es Teler Segar

Ketika cauca panas yang paling enak jika kita menikmati segelas minuman es, yang akan membuat kita terasa segar dan terlepas dahaga kita dari panasnya cuaca. Jenis minuman es sendiri di nusantara sangatlah beragam seperti es buah, es cao, es kelapa muda, es cendol dan masih banyak lainnya, yang semuanya sangat segar untuk bisa kita nikmati.

Ada salah satu jenis es yang namanya sangat unik yang menurut kami juga sangat populer ditengah masyarakat yaitu minuman yang dikenal sebagai es teler. Jika dilihat dari namanya mungkin anda sendiri merasa tidak asing dengan kepopuleren es seperti ini, karena es Teler sudah tersebar luas diberbagai daerah di nusantara. Kabarnya sesuai dari sumber yang kami dapatkan di Wikipedia, minuman es Teler seperti ini pada mulanya diciptakan oleh seorang yang bernama Murniati Widjaja , yang telah memenangkan sebuah kontes pada tahun 1982, untuk menciptakan minuman nasional Indonesia.

Secara umum es Teler terdiri dari buah alpukat, nangka, daging kelapa muda kerok, yang dipadukan dengan sirup pandan, susu kental manis dan siraman santan kental. Sehingga perpaduan dari bahan-bahan yang tersebut akan memberikan rasa yang sangat segar sehingga tidak heran jika es teler sangat digemari oleh masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa.

Es Teler pada umumnya bisa kita temui di kedai-kedai makan, restoran, hingga hotel-hotel yang memiliki ciri khas masing-masing dengan menambahkan bahan lain. Entah kenapa jenis es seperti ini jarang ada pedagang keliling yang menjajakannhya seperti jenis minuman es lainnya, atau mungkin es Teler bisa dibilang merupakan salah satu hidangan yang cukup berkelas dengan harga yang agak lebih mahal dari pada jenis minuman es lainnya.

Oleh karena itu jika anda ingin lebih hemat untuk bisa mencicipi segarnya es Teler, ada baiknya kita membuatnya sendiri agar lebih hemat. Bahkan mungkin es Teler juga bisa kita jadikan sebagai salah satu ladang usaha, terlebih lagi jika anda sendiri sudah memiliki warung makan, tidak ada salahnya juga jika mencoba menjual es Teler sebagai hidangan penutup. Tidak perlu berpanjang lebar lagi berikut adalah salah satu resep dari Es Teler.
Resep Es Teler
1 buah alpukat
75 gram nangka kemudian dipotong dadu
75 gram kelapa muda, kerok dagingnya memanjang
200 mili liter susu kental manis
Cao dan kolang-kaling secukupnya(optional bila suka)

Bahan Sirup pandan :
150 gram gula pasir
2 lembar daun pandan diiris-iris
150 ml air

Bahan Santan :
200 ml santan agak kental
1 helai daun pandan
garam secukupnya
 
Cara membuat

1. Buatlah sirup pandannya terlebih dahulu caranya adalah, rebuslah semua bahan sirup pandan hingga mendidih dan gulanya larut, kemudian angkat dan saring
2. Buatlah bahan santannya caranya adalah, rebuslah bahan santan yang tersebur diatas hingga mendidih
3. Cara menyajikan siapkan mangkok isikan dengan, alpukat, nangka dan kelapa muda. Jika sudah tuangkan sirup pandan dan santannya, kemudian es serut secukupnya beserta susu kental manis.
4. Es Teler sudah siap untuk dihidangkan

0 comments:

Post a Comment