Cara membuat Keripik Ceker Ayam

Salah satu bagian dari ayam yang menurut kami agak dikesampingkan atau kurang disukai untuk dimakan adalah bagian kaki ayam atau banyak orang yang menyebutnya sebagai ceker ayam. Kaki ayam harganya cenderung jauh lebih murah dibandingkan dengan bagian lainnya seperti dada ayam dan lain-lain. Namun tidak lepas dari itu sebenarnya ada juga orang yang sangat gemar menyantab kaki ayam yang diolah menjadi beragam masakan, karena rasanya sebenarnya juga sangat gurih walaupun dagingnya sedikit.

Kaki ayam atau yang disebut sebagai ceker ayam ternyata juga bisa diolah menjadi salah satu jenis camilan kering yang lezat yaitu keripik ceker ayam. Keripik seperti ini rasanya gurih asin yang akan membuat kita terasa ingin selalu memakannya hingga habis, selain itu juga cocok untuk teman makan beragam masakan seperti bakso, mie ayam, sup, dan lain-lain.

Namun sayangnya menurut kami masih sedikit orang yang memproduksi keripik ceker seperti ini, karena dibeberapa tempat sangat sulit untuk bisa mendapatkannya. Hal ini mungkin karena sulitnya untuk mencari bahan baku berupa kaki ayam, bahkan selain itu untuk membuat keripik ceker ayam seperti ini perbandingan satu banding sepuluh dari hasil jadi terhadap bahan bakunya, atau dengan kata lain jika menggunakan bahan baku ceker ayam mentah sebanyak 10kg maka akan menghasilkan keripik ceker kira-kira hanya 1kg.

Namun jika anda tinggal didekat tempat usaha pemotongan ayam tentu akan lebih mudah mendapatkan bahan baku ceker ayam, sehingga dengan kelangkaan ketersediaan keripik ceker ayam akan membuka peluang usaha yang menarik, terlebih lagi keripik ini bisa dibilang sangat unik sehingga akan membuat banyak orang penasaran. Pada umumnya kisaran harga keripik ceker ayam ini juga cukup menggiurkan yaitu antara Rp.100.000-Rp.120.000 per/KG, dan setiap kilogram keripik tersebut masih bisa dikemas menjadi beberapa bungkus untuk dijual secara eceran.
Bagi anda yang tertarik untuk mencoba membuat keripik ceker ayam karena kesulitan untuk mendapatkannya dan penasaran ingin mencicipinya, atau mungkin untuk dijadikan sebagai usaha bisnis, berikuta adalah resep dan cara membuatnya.

Resep Keripik Ceker ayam
1 Kg ceker ayam pedaging
5 Siung bawang putih
2 Siung bawang merah
Garam secukupnya


Cara Membuat
1. Bersihkan kaki ayam dan jangan lupa potong kuku-kukunya
2. Haluskan bumbunya
3. Rebuslah ceker ayam dengan air dan bumbu halus hingga lunak, kemudian tiriskan dan dinginkan
4. Jika sudah pisahkan daging dari tulangnya
5. Jemur ceker ayam dibawah sinar matahari hingga kering
6. Gorenglah ceker ayam dengan minyak hingga matang, usahakan ceker ayam terendam minyak saat menggoreng.

0 comments:

Post a Comment