Resep dan Cara Membuat Empek-empek Lenjer

Seluruh masyarakat Indonesia pasti mengenal sebuah kuliner khas yang sangat populer sepanjang masa yaitu Pempek atau Empek-empek. Kuliner yang satu ini sangat dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu makanan khas kota Palembang yang menurut kami sudah tersebar hampir diseluruh daerah nusantara, karena rasanya yang nikmat yang tentu saja akan membuat kita serasa ingin selalu memakannya.

Hingga sekarang Empek-empek sangat mudah untuk bisa kita dapatkan dimana saja dari para pedagang kaki lima hingga restoran-restoran yang menjajakan kuliner ini, selain itu tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang suka, akan tetapi juga para turis yang berkunjung ke Indonesia juga suka dengan makanan khas ini.

Empek-empek terbuat dari ikan tengiri dan tepung sagu yang kemudian disajikan dengan kuah yang berwarna hitam kecokelatan , yang oleh masyarakat Palembang sendiri disebut sebagai "cuko". Jika dilihat dari segi rasanya tentu saja anda pasti sudah pernah mencicipinya yaitu sangat gurih yang dipadukan dengan kuah yang manis agak sedikit masam, selain itu ketika digigit juga agak kenyal yang membuat empek-empek semakin disukai.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan Pempek atau Empek-empek juga cukup beragam jenisnya, dan diantaranya adalah pempek lenjer, pempek bulat ("ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (pempek yang berisi irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting. Namun untuk artikel kami kali ini kami akan membahas cara membuatnya yang lebih mudah terlebih dahulu yaitu Pempek jenis Lenjer yang pada umumnya berbentuk memanjang tanpa isi, dan ketika disajikan dipotong kecil-kecil. 
Resep Pempek/Empek-empek Lenjer
2 ekor ikan tengiri ambil dagingnya dan digiling
300 gram tepung sagu
5 siung bawang putih dihaluskan
200 ml air dingin
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya(bila suka)

Bahan membuat kuah/cuko
250 gram gula merah
60 gram asam
700 ml air
3 siung bawang putih haluskan
Cabe rawit sesuai selera haluskan
Garam halus secukupnya

Cara Membuat
1. Campurkan daging tengiri dengan, bawang putih halus, garam, penyedap rasa, kemudian sambil diuleni tambahkan air dingin sedikit demi sedikit.
2. Masukan tepung sagu kemudian aduk sampai menjadi kalis
3. Jika sudah ambil adonan bentuk memanjang, kemudian rebus kedalam air hingga mendidih dan matang.
4. Panaskan minyak kemudian goreng Pempek hingga menguning dan matang
5. Buatlah kuahnya caranya adalah, rebus gula merah dengan air hingga meleleh kemudian saring. Jika sudah tuangkan asam, bawang putih halus, cabe rawit halus, dan garam kemudian rebus kembali sambil diaduk
6. Sajikan Pempek disiran saus.

0 comments:

Post a Comment