Resep Membuat Kue Sakura

Sakura adalah salah satu jenis bunga yang sangat diidentikan dengan negara Jepang, selain itu bunga ini juga merupakan bunga nasional dari negara tersebut yang pada umumnnya mengembang pada musim semi. Di Indonesia juga mengenal Sakura namun nama tersebut digunakan sebagai nama dari sebuah kue tradisional yang cukup legendaris. Entah dari mana asal kue seperti ini apakah asli Indonesia atau dari Jepang, sayangnya kami tidak menemukan informasi yang akurat terkait dengannya, dan yang pasti kue seperti ini dipercaya sudah ada sejak jaman dahulu.

Kue Sakura jika dilihat dari bentuknya memang menarik karena seperti bunga, mungkin karena hal inilah kue seperti ini dinamakan demikian. Selain itu kue ini pada umumnya berwarna cokelat yang sangat empuk ketika digigit, yang ada sedikit kemiripan dengan kue bolu kukus, dan selain itu untuk cara memasaknyapun juga sama yaitu dengan cara dikukus.

Menurut kami kue seperti ini bisa dibilang sudah agak jarang bisa ditemukan dipasaran maupun yang membuatnya, namun dalam hal ini kami hanya mengamati disekitar tempat kami tinggal. Sehingga untuk daerah lainnya masih banyak atau tidak kue seperti ini kami juga belum mendapatkan informasi yang akurat. Padahal kue Sakura memiliki rasa yang enak dan tidak kalah dengan kue-kue lainnya, sehingga sangat sayang jika kue seperti ini suatu saat benar-benar  dilupakan.

Bagi masyarakat dahulu mungkin sangat familier dengan kue seperti ini, dan tentu saja jika anda mendengar kembali nama kue ini lagi pasti akan sangat merindukannya. Selain itu bagi anda yang belum pernah mencicipinya mungkin anda juga akan merasa penasaran dibuatnya dan ingin mencicipinya. Oleh karena itu bagi anda yang merasa demikian dan kesulitan menemukan penjual dari kue Sakura, ada baiknya mencoba untuk membuatnya sendiri, dan jika anda tertarik berikut adalah resep dan cara membuatnya. 
Resep Kue Sakura
150 gram tepung terigu
150 gram gula pasir
25 ml susu kental manis coklat
30 gram margarin lelehkan
1 sendok kecil backing powder
1 sendok kecil soda kue
1/2 sachet vanili
air panas kira-kira 250 ml

Cara membuat
1. Buatlah karamelnya yaitu masaklah gula hingga meleleh kemudian tuang air panas kemudian aduk
2. Tuangkan susu kental manis dan margarin yang telah dilelehkan
pada karamel diatas
3. Jika sudah siapkan wadah dan campurkan beberapa bahan seperti tepung, backing powder, soda kue, vanili dan aduk hingga merata
4. Tuangkan adonan tepung pada adonan karamel kemudian aduk hingga menggumpal
5. Siapkan cetakan kue sakura dan olesi margarin
6. Isi masing-masing cetakan kira-kira 3/4 bagian saja
7. Kukuslah hingga matang kira-kir 15-20 menit
8. Jika sudah agak dingin bisa dikeluarkan dari cetakan dan sajikan.

0 comments:

Post a Comment