Resep Membuat Tapai Singkong Goreng(Rondo Royal)

Tapai singkong merupakan salah satu jenis kue tradisional yang digemari oleh masyarakat karena rasanya yang masam manis. Jajanan pasar yang harganya murah meriah seperti ini selain nikmat jika disantab langsung, namun juga bisa diolah menjadi aneka macam kue, puding maupun campuran es es buah. Salah satu hasil olahan sederhana dari tapai singkong yang juga cukup populer dimasyarakat adalah menjadikannya sebagai camilan gorengan.

Mungkin anda sendiri tidak begitu asing dengan camilan gorengan seperti ini, yaitu pada umumnya dibentuk bulat-bulat dan hampir semua orang pasti bisa membuatnya, karena tergolong sederhana dan mudah. Namun walaupun demikian tapai singkong goreng memiliki rasa yang enak sebagai camilan untuk keluarga maupun bersama teman-teman anda, apalagi ketika masih hangat dan cuaca sedang hujan.

Ada sebuah sebutan yang unik dari camilan gorengan ini didaerah Jawa atau mungkin juga daerah lain, karena mereka menyebutnya sebagai kue Rondo Royal. Entah kenapa tapai singkong goreng bisa disebut demikian, sayangnya kami tidak menemukan informasi yang akurat, padahal jika diartikan dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia kata rondo sendiri bisa diartikan sebagai janda, sedangkan royal bisa diartikan sebagai glamor.

Tapai singkong goreng atau rondo royal terkadang juga ada yang menjualnya oleh para pedagang gorengan, selain itu pada umumnya pada bagian dalamnya juga diberi bahan isi agar lebih mantab rasanya. Bahan isi tersebut bermacam-macam ada yang diisi cokelat(meises), selai nanas atau stroberi, gula merah hingga diisi dengan keju yang dipotong dadu.
Sesuai yang kami sebut diatas jika tapai singkong goreng mudah untuk membuatnya, namun jika ada diantara anda yang belum pernah membuat tapai singkong goreng dan ingin mencobanya, berikut adalah resep dan cara membuatnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
1/2 kg tapai singkong
200 gram tepung terigu
4 sendok gula pasir
1 butir telur kemudian dikocok
Garam secukupnya
Bahan isi bisa selai, meises atau juga keju(potong dadu). Pilih salah satu

Cara membuat
1. Buang serat yang ada ditangah tapai singkong, kemudian haluskan tapai singkong tersebut
2. Campurkan tepung terigu dengan gula pasir dan garam, kemudian beri air secukupnya aduk hingga adonan mengental. Jika sudah tuangkan kocokan telur kemudian aduk kembali
3. Bagi tapai singkong yang telah dihaluskan menjadi kira-kira 15-20 buah, kemudian masing-masing berilah bahan isi sesuai selera, dan jika sudah tutup dan bulatkan.
4. Jika sudah celupkan adonan yang sudah diisi dan dibulatkan pada adonan tepung terigu diatas, kemudian gorenglah hingga matang.
5. Tapai singkong goreng anda siap disajikan.

0 comments:

Post a Comment