Resep Membuat Perkedel Kelapa

Ada bermacam-macam jenis perkedel yang kita kenal yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia bersama dengan jenis-jenis masakan tertentu. Salah satunya adalah perkedel kelapa yang pada umumnya disajikan dengan salah satu masakan tradisional warisan budaya yaitu nasi kuning. Sesuai dengan namanya tentu saja perkedel jenis ini terbuat dari bahan kelapa yang diparut dan dipadukan dengan bumbu-bumbu rempah.

Perkedel kelapa juga memiliki rasa yang gurih seperti jenis perkedel lainnya, namun memiliki rasa yang sangat khas dengan aroma kelapa. Menurut kami jenis perkedel yang satu ini jarang disantab secara langsung dan lebih sering untuk lauk ketika makan nasi kuning, selain itu ada juga yang menyajikannya dengan nasi gudangan yang sama-sama masakan tradisional untuk sajian ketika ada acara hajatan tertentu.

Memang untuk jenis perkedel yang satu ini memang tidak begitu populer jika dibandingkan dengan jenis-jenis perkedel lainnya, karena seperti yang kami sebutkan diatas jika perkedel kelapa lebih sering dibuat hanya untuk lauk masakan-masakan tertentu yang sifatnya juga bisa dibilang musiman.

Namun tidak lepas dari hal itu semua sebenarnya perkedel kelapa menurut kami juga enak dan nikmat jika dijadikan sebagai camilan dirumah, atau untuk teman makan nasi bersama dengan jenis-jenis masakan sayur yang pada umumnya dimasak untuk konsumsi sehari-hari dirumah. Oleh karena itu bagi anda yang tertarik untuk membuat perkedel kelapa namun belum tahu resep dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya, anda bisa membaca sedikit uraian yang ada dibawah ini.
Resep Perkedel Kelapa
500 Gram Kelapa Muda diparut
2 Butir Telur
Bumbu yang dihaluskan :
5 siung Bawang Putih
2 sendok kecil ketumbar
5 butir Kemiri
1 jari Kencur
1 jari Kunyit
4 lembar daun jeruk purut
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Haluskan semua bahan bumbunya
2. Jika sudah campurkan dengan kelapa parut beserta telur kemudian aduk hingga merata
3. Bentuklah adonan sesuai selera, pada umumnya bundar seperti perkedel kentang
4. Gorenglah dengan minyak hingga matang, kemudian sajikan

0 comments:

Post a Comment