Resep Membuat Misoa Goreng

Terdapat berbagai macam jenis mie yang kita kenal dan salah satunya adalah apa yang disebut dengan misoa. Mie jenis ini pada dasarnya lebih tipis dan halus dibandingkan dengan jenis mie lainnya, namun selain itu juga berbeda dengan bihun atau sohun yang kelihatannya juga agak mirip karena sama-sama memiliki tekstur yang tipis dan lembut.

Misoa dalam kebudayaan di Cina melambangkan simbol panjang umur yang dihidangkan ketika acara ulang tahun dan beberapa acara penting lainnya. Selain itu pada umumnya misoa juga dijadikan sebagai campuran sup atau dibuat sebagai mie goreng, dan yang lebih pupuler di Indonesia adalah dibuat sebagai sebuah camilan gorengan dan masyarakat lebih mengenalnya sebagai misoa goreng.

Camilan gorengan seperti ini pada umumnya digunakan untuk sajian ketika ada acara arisan, khitanan dan lain-lain, namun menurut kami jarang ada penjual gorengan yang menjajakan misoa goreng. Bahkan sepanjang hidup, kami juga belum pernah menemui ada orang yang menjual misoa goreng, sehingga bisa dikatakan jika jenis camilan gorengan ini lebih sering dibuat sendiri untuk berbagai keperluan.

Rasa dari Misoa Goreng sangatlah gurih dan ketika digigit juga sangat empuk sehingga tidak heran jika camilan gorengan ini sangat disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan sebagai camilan keluarga atau hidangan acara tertentu. Pada umumnya camilan ini dibentuk dengan bentuk kotak-kotak persegi yang agak tebal, dan akan lebih lezat lagi jika dihidangkan dengan cabe rawit atau juga bisa dengan saos.
Sebagai masyarakat Indonesia tentu sudah banyak yang bisa membuat jenis camilan gorengan ini, karena bisa dibilang makanan ini juga salah satu jenis makanan tradisional secara turun-temurun yang sudah tersebar dinusantara. Namun jika ada diantara anda belum bisa untuk membuatnya, berikut adalah resep dan cara membuatnya.

Resep Membuat Misoa Goreng
200 gram misoa
2 butir telur kemudian dikocok
2 buah wortel ukuran sedang
2 helai daun bawang
25 gram tahu putih

Bumbu halus
2 siung bawang putih
1 butir kemiri
Merica bubuk dan garam secukupnya
Penyedap rasa seperti masako secukupnya(optional bila suka)

Bahan pencelup
Telur kocok campur garam secukupnya

Cara Membuat
 
  1. Rendamlah misoa kedlam air panas terlebih dahulu, wortel dikupas dan dipotong dadu kecil-kecil, tahu putih dihaluskan dan daun bawang juga diris kecil-kecil.
  2. Tumislah bumbu halusnya hingga menjadi harum, kemudian masukan bahan lainnya seperti misoa, wortel, kocokan telur, tahu putih halus dan daun bawang kemudian aduklah hingga semuanya menjadi rata
  3. Siapkan loyang yang telah dialasi palstik dan diolesi mentega kemudian masukan adonan yang sudah jadi dan padatkan
  4. Kukuslah kira-kira 20 menit hingga matang kemudian angkat dan dinginkan.
  5. Jika sudah dingin bisa dipotong-potong dengan ukuran sesuai selera, kemudian satu persatu masukan kedalam bahan pencelup
  6. Gorenglah semuanya hingga matang, angkat dan sajikan dengan cabai rawit atau soas.

0 comments:

Post a Comment