Resep dan Cara Membuat Kacang Telur

Kacang tanah(Arachis hypogaea) adalah salah satu jenis biji-bijian yang sering dimanfaatkan untuk membuat beragam jenis masakan dan juga aneka camilan yang semuanya akan memiliki rasa yang sangat khas dengan aroma kacang. Salah satu hasil olahan yang juga cukup populer dimasyarakat dari kacang tanah adalah apa yang disebut sebagai kacang telur yang sangat disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Jika dilihat dari namanya entah mengapa camilan kering ini bisa disebut demikian, apakah karena ada orang yang menganggap bentuknya mirip dengan sebuah telur karena memiliki warna yang cokelat, atau karena adonan bahan yang digunakan salah satunya adalah telur. Namun yang jelas camilan kering dari kacang ini memang selalu bisa memanjakan lidah orang yang memakannya sehingga terasa tidak ingin berhenti memakannya sampai habis.

Kacang telur juga sering dijadikan sebagai sajian ketika ada tamu yang berkunjung baik ketika lebaran maupun hari-hari biasa, karena camilan ini bisa dibilang tidak musiman yang bisa kita dapatkan di toko-toko kue maupun toko-toko oleh-oleh. Pada umumnya kacang telur memiliki rasa yang gurih dan manis, namun dalam perkembangannya juga ada yang dikombinasikan dengan rasa pedas yang akan menyesuaikan selera masing-masing.

Dalam membuat kacang telur sebenarnya juga tidak terlalu sulit, namun tentu saja tetap membutuhkan ketelatenan agar menghasilkan kacang telur yang enak dan nikmat. Oleh karena itu bagi anda yang ingin mencoba untuk membuat sendiri kacang telur, pada artikel ini kami akan sedikit berbagi tentang resep dan cara membuat kacang telur dari bahan yang sederhana dan mudah, dan jika anda tertarik silahkan baca yang berikut ini.
Resep Kacang Telur
300 gram kacang tanah tanpa kulit
250 gram tepung terigu
125 gr gula pasir
1 butir telur
1/4 sendok kecil Vanili
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya bila suka

Cara membuat
1. Telur, gula pasir, vanili dan garam campurkan dan kocok hingga gula pasir menjadi larut
2. Jika sudah masukan kacang kedalam adonan tersebut, kemudian aduk hingga merata dan adonan menempel pada seluruh permukaan kacang.
3. Taburi kacang dengan tepung hingga merata
4. Ulangi cara tersebut hinga beberapa kali agar kulit tepung lebih tebal
5. Jika sudah gorenglah hingga kecokelatan dan matang

0 comments:

Post a Comment