Resep Dalam Membuat Nasi Gurih

Untuk masyarakat jaman sekarang mungkin kurang familier dengan nasi gurih, karena menurut kami masakan dari nasi seperti ini sudah mulai jarang dibuat oleh masyarakat. Nasi gurih memang tidak sepopuler nasi kuning, walaupun keduanya sama-sama masakan tradisional nusantara yang seharusnya tetap kita lestarikan agar tidak punah, sehingga anak cucu kita tetap bisa mencicipinya.

Dahulu masakan nasi gurih seperti ini sering dibuat untuk keperluan seperti kondangan atau acara doa bersama untuk hajat tertentu dikampung-kampung, kemudian ketika pulang biasanya para warga yang hadir dalam acara tersebut akan diberikan sekotak makanan yang berisi beraneka macam makanan dan salah satunya adalah nasi gurih seperti ini. Dalam penyajiannya pada umumnya nasi gurih ditempatkan dalam kotak plastik agak kecil tersendiri bersama dengan beberapa lauk.

Sesuai dengan namanya tentu saja masakan nasi ini memiliki rasa gurih yang sangat khas, namun sayangnya seakan-akan masakan seperti ini sudah mulai dilupakan. Padahal masakan nasi seperti ini jika dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari pasti akan membuat nafsu makan kita bertambah, karena tanpa laukpun nasi gurih sudah cukup nikmat untuk disantab.

Secara umum nasi gurih sering disajikan dengan ayam, kedele goreng, dan lalapan mentimun yang disajikan untuk tamu pada acara kondangan ketika pulang, namun tentu saja tetap tidak menutup kemungkinan tetap nikmat jika dihidangkan dengan lauk dan beberapa jenis masakan lainnya seperti beraneka macam sambal goreng, opor, semur dan lain-lain sesuai dengan selera masing-masing.

Mungkin banyak diantara kita yang merindukan nasi gurih, atau bahkan mungkin ada diantara anda yang belum pernah mencicipi nasi gurih dan penasaran dengan rasanya. Oleh karena itu ada baiknya jika kita mencoba untuk membuatnya sendiri, karena cara juga mudah dan tidak membutuhkan bahan yang terlalu banyak, dan jika anda tertarik berikut adalah resep dan cara membuatnya.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
3 mangkok beras
3 mangkok santan
1 helai daun salam
1 helai batang sereh
1 helai daun pandan
garam secukupnya

Cara membuat
1. Cara membuatnya seperti kita ketika menanak nasi biasa, namun untuk nasi gurih seperti ini air diganti dengan santan yang telah disiapkan, kemudian dicampur dengan beberapa bahan bumbu yang tersebut diatas.
2. Jika sudah matang nasi gurih siap disajikan, dan akan lebih mantab jika dengan ayam goreng, bawang goreng, kedele goreng, telur dadar dan lalapan mentimun.

0 comments:

Post a Comment