Resep Membuat Camilan Ringan Pilus Keju

Untuk anak-anak jaman sekarang pasti sangat mengenal sebuah jajanan camilan ringan yang benama pilus, karena terdapat beragam merk dari camilan pilus yang telah beredar dipasaran dengan tampilan kemasan yang menarik harganyapun juga sangat terjangkau. Dahulu pilus merupakan sebuah kuliner untuk oleh-oleh yang sering dijual ditoko-toko dan bentuknya lebih besar dan pada umumnya berbentuk silinder agak sedikit memanjang, karena seperti kita ketahui untuk pilus yang sering ada sekarang kebanyakan berbentuk bulat-bulat kecil.

Pilus sendiri sebenarnya camilan yang cukup sederhana yang terbuat dari adonan tepung sagu dan sangat nikmat untuk camilan ketika sedang bersantai, apalagi sambil ditemani dengan segelas teh. Selain itu jika dilihat dari rasanya pilus juga sangat gurih dan renyah ketika digigit yang tentu saja seperti camilan kering lainnya akan membuat kita seperti ingin terus memakannya hingga habis.

Menurut kami untuk pilus yang sering dijual di toko oleh-oleh atau dengan ukuran yang agak besar sudah jarang untuk bisa ditemukan, dan yang ada hanya pilus yang berbentuk bulat-bulat kecil yang banyak sekali tersedia diwarung-warung dimana saja dengan kemasan menarik dan harganya rata-rata Rp.500. Oleh karena itu bagi anda yang merindukan camilan pilus seperti dahulu, tentu harus membuatnya sendiri dan apabila anda tertarik ingin mencobanya berikut adalah resep dan cara membuatnya. 
Resep Membuat Pilus Rasa Keju
500 gram tepung sagu
125 gram keju muda kemudian diparut(contoh keju muda adalah Edam dan Gouda)
5 butir telur ayam
Garam secukupnya

Cara membuat

1. Pertama kocoklah telur kemudian masukan garam beserta keju dan aduklah merata
2. Jika sudah masukan tepung sagunya kedalam kocokan telur tersebut, namun sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis
3. Bentuklah adonan kira-kira sebesar jari kelingking dengan cara digulung-gulung dengan telapak tangan
4. Siapkan penggorengan lalu panaskan minyak, dan gorenglah adonan tersebut dan usahakan adoanan terendam minyak
5. Tunggu hingga adonan mengembang dan mengapung kemudian terus diaduk hingga menguning, dan angkat tiriskan.

Mudah bukan sekarang camilan ringan pilus anda sudah jadi dan bisa disimpan kedalam stoples, dan siap untuk dijadikan camilan keluarga atau mungkin untuk sajian tamu yang ingin berkunjung kerumah anda. 

0 comments:

Post a Comment