Resep Membuat Kue Pastel Basah

Sebelumnya kami pernah membahas kue pastel kering yang berisi abon, maka tidak afdol apabila juga tidak membahas kue pastel yang lebih populer yaitu pastel basah atau ada juga yang menybutnya sebagai pastel goreng. Jika dilihat dari bentuknya kue pastel basah memiliki bentuk yang mirip dengan pastel kering, namun untuk ukurannya tentu saja jauh lebih besar. Bentuk dari kue ini adalah seperti setengah lingkaran yang pada bagian tengahnya membesar karena terdapat bahan isi, dan pada bagian tepinya seperti bergelombang.

Bisa dibilang kue seperti ini sudah populer diseluruh daerah nusantara sehingga kemungkinan besar anda sudah pernah mencicipinya, dan rasanya adalah dominan dengan rasa yang sangat gurih. Kue Pastel goreng juga lebih sering dijadikan sajian untuk acara-acara ibu PKK dikampung-kampung seperti arisan, pengajian dan lain-lain, selain itu juga bisa kita beli ditoko-toko kue maupun pasar tradisional.

Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi dari manakah asal-usul dari kue pastel yang juga bisa dibilang salah satu kue tradisonal legendaris Indonesia ini, akan tetapi satu hal yang pasti kue ini menurut kami sudah ada sejak jaman dahulu dan banyak disukai oleh semua masyarakat dari segala golongan. Oleh karena itu kita juga harus melestarikan kue spserti agar tidak punah, karena rasanya yang sangat lezat dengan bumbu rempah yang sangat gurih.

Sebagai masyarakat Indonesia tentu saja bagi anda sudah banyak yang bisa membuat kue pastel seperti ini, namun apabila ada yang belum pernah membuat kue pastel ini dan ingin mencobanya sekaligus iesng-iseng untuk mencari kegiatan dirumah, anda bisa coba resep yang dibawah ini.
Bahan untuk kulit
250 gram tepung terigu
1 butir telur ayam
50 gram mentega kemudian dilelehkan
75 cc air
Garam Secukupnya

Bahan untuk isi
200gram daging cincang
1 sendok makan tepung tapioka
70 gram kentang dipotong dadu kecil-kecil
50gram wortel dipotong dadu kecil-kecil
3 siung bawang putih kemudian dicincang
3 siung bawang merah kemudian dicincang
garam dan lada bubuk secukupnya
Telur Puyuh Rebus(optional bila suka)
Mentega secukupnya untuk menumis

Cara Membuat
 
  • Buatlah bahan isinya caranya, tumislah bawang merah dan putih dengan margarine, kemudian masukan wortel, kentang dan daging cincang beri sedikit air. Masukan lada, garam dan tepung tapioka yang telah dilarutkan dengan air sebelumnya. Masaklah hingga matang dan harum kemudian sisihkan
  • Buatlah kulitnya caranya, ayak tepung dan garam kemudian campurkan dengan kocokan telur dan aduklah hingga merata. Tambahkan air dan mentega kemudian uleni hingga kalis
  • Ambil sedikit adonan kulit dan bentuk bulat, kemudian giling hingga tipis.
  • Jika sudah isi 1 sendok makan adonan isi dan 1 butir telur puyuh kemudian tutup pinggirnya dan dipilin. 
  • Gorenglah pastel yang sudah dibentuk dengan minyak goreng hingga matang, kemudian sajikan dengan cabai rawit.

0 comments:

Post a Comment