Cara Membuat Getuk Trio

Magelang adalah salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Tengah yang seperti kita ketahui semuanya adalah sebuah kota dimana terdapat objek wisata yang tersohor diseluruh dunia yaitu candi Borobudur. Jika anda sedang berkunjung dikota tersebut ada sebuah oleh-oleh jajanan tradisional yang terbuat dari singkong yaitu Getuk, namun untuk getuk yang berasal dari kota ini ada ciri khas tersendiri dan disebut sebagai Getuk Trio.

Kota Magelang memang sangat terkenal dengan kuliner khas seperti ini sejak dahulu kala, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai kota Getuk dan sering dibanjiri oleh wisatawan baik manca neagara maupun dosmestik. Lalu seperti apakah Getuk Trio khas Magelang ini, karena seperti kita ketahui selain kota Magelang didaerah lainnya juga terdapat banyak kuliner Getuk yang sama-sama terbuat dari singkong.

Getuk Trio memiliki tiga warna dan pada umumnya adalah putih, cokelat dan merah muda yang dipadukan sehingga berbentuk seperti kue lapis. Mungkin karena inilah oleh-oleh kuliner ini dinamakan demikian, karena seperti kita ketahui jika trio memiliki arti yaitu tiga, dan getuk trio memiliki tiga warna dan tida lapis.

Untuk bisa mencicipi getuk yang sangat khas ini anda harus berkunjung ke kota Magelang dan disana banyak sekali yang menjajakan getuk trio dari toko oleh-oleh hingga warung-warung dekat tempat wisata seperti candi Borobudur, taman Kyai Langgeng dan lain-lain. Namun jika anda belum sempat berkunjung ke Magelang namun penasaran dan ingin mencicipi getuk Trio tersebut, anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dan berikut adalah resep dan cara membuatnya.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
1000 gram singkong kukus
250 gram gula pasir halus
4 tetes pewarna makanan merah muda
1/8 sendok kecil pasta coklat
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Kupas singkong, bersihkan kemudian kukuslah hingga matang dan empuk.
2. Gilinglah singkong kukus dengan penggiling daging hingga lembut.
3. Campurkan dengan gula pasir dan garam hingga tercampur merata.
4. Bagilah adonan menjadi 3 bagian sama besar. Berikan pasta cokelat untuk satu bagian, merah muda untuk satu bagian lainnya, dan bagian yang terakhir biarkan saja tetap putih.
5. Siapkan loyang kemudian masukan adonan warna putih kedlam loayang dan padatkan, kemudian tumpuk dengan adonan warna cokelat kemudian padatkan, dan yang terakhir adoanan warna merah muda.
6. Jika sudah tinggal dipotong-potong sesuai selera.

0 comments:

Post a Comment