Cara Membuat Bubur Ketan Hitam

Selain ketan yang pada umumnya berwarna putih juga terdapat varietas lain dari ketan yaitu yang disebut sebagai ketan hitam. Sesuai dengan namanya tentu saja jenis ketan ini memiliki warna hitam yang oleh masyarakat Indonesia lebih sering dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai macam makanan dan salah satunya adalah bubur. Karena bubur ini terbuat dari bahan tersebut sehingga namanya tidak lain adalah bubur ketan hitam yang cukup populer dimasyarakat.

Bubur ketan hitam rasanya sangat nikmat dan manis sehingga banyak disukai oleh masyarakat terutama anak-anak, selain itu pada umumnya bubur jenis ini juga disajikan dengan saus santan yang agak asin sehingga perpaduan tersebut akan menambah kenikmatannnya. Bubur ketan hitam banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional yang menjajakan beraneka macam bubur, selain itu juga ada pedagang keliling yang menjajakan bubur ini namun pada umumnya digunakan untuk campuran dari bubur kacang hijau.

Bubur ketan hitam akan lebih nikmat jika disajikan ketika masih hangat dipagi atau sore hari dengan ditemani segelas teh, namun sebagai bubur yang rasanya manis bubur ketan hitam juga tetap nikmat ketika disantab walaupun sudah dalam keadaan dingin. Mungkin sudah banyak diantara anda yang sudah bisa membuat jenis bubur ini, namun jika ada diantara anda yang belum bisa dan ingin mencoba untuk membuatnya, pada artikel ini kami akan sedikit berbagi tentang cara membuat bubur dari ketan hitam beserta resepnya.
Resep Bubur Ketan hitam
1/4Kg ketan hitam
125 gram gula merah disisir
50 gram gula pasir
1250 ml air
2 lembar daun pandan
garam secukupnya

Bahan saus santan
Santan encer direbus dengan daun pandan dan garam secukupnya

Cara membuat

1. Cucilah ketan hitam hingga bersih kemudian rendam didalam air kira-kira 6 jam
2. Rebuslah air hingga mendidih kemudian masukan ketan hitam dan pandan dan tunggu hingga empuk
3. Jika sudah masukan gula merah, gula pasir dan garam kemudian diaduk hingga larut. Jika merasa masih kurang manis bisa di tambahkan sedikit lagi gula pasir
4. Sajikan bubur dengan disiram saus santan.

Mudah bukan, sekarang bubur ketan hitam anda sudah jadi dan siap disantab, jika anda ingin lebih nikmat lagi bisa dipadukan dengan bubur kacang hijau atau juga bisa dengan roti tawar.

0 comments:

Post a Comment