Cara Membuat Permen Asem Sendiri

Masih ingatkah anda dengan permen asem?, yaitu sebuah permen yang memiliki rasa asem manis yang dahulu sangat populer ditengah masyarakat dimana saja karena rasanya yang segar dimulut. Jenis permen yang satu ini memang sudah agak sulit untuk bisa kita temukan, padahal dahulu pemen ini sangat mudah dan banyak tersedia di warung-warung hingga super market dan bisa kita dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Sesuai dengan namanya permen ini terbuat dari buah asam Jawa yang pada umumnya berbentuk bulat-bulat kecil berwarna hitam kecokelatan dan pada seluruh permukaannya ditaburi oleh gula pasir. Sehingga permen ini juga  terlihat sangat khas jika dibandingkan dengan jenis permen pada umumnya yang tektur permukaannya halus, sedangkan bagian permukaan untuk permen asem terlihat kasar karena taburan gula pasir.

Terkadang permen asem ada yang digigit agak empuk sehingga mudah untuk dikunyah, namun selain dari pada itu ada juga yang agak keras ketika digigit, walaupun pada dasarnya bentuk permen asem yang empuk dan yang keras adalah sama. Selain itu dahulu banyak orang yang suka dengan permen asem seperti ini karena mereka menganggap bisa mengurangi rasa mual ketika berada didalam bis dengan mengunyah permen asem yang rasanya sangat segar asem dan tentu saja juga manis.

Untuk asal-usulnya entah dari manakah asal mula dari permen asem seperti ini, apakah tergolong kuliner tradisional Indonesia atau merupakan kuliner dari luar negeri kami sendiri tidak menemukan informasi yang akurat. Namun yang pasti pohan asam sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sering tumbuh didaerah yang beriklim tropis seperti negeri tercinta kita ini. 
Untuk sekarang mungkin dibeberapa daerah bisa menemukan permen asem hanya di super market atau toko oleh-oleh saja, sehingga mungkin ada diantara kita yang rindu dengan permen asem seperti ini. Oleh karena itu bagi anda yang ingin bernostalgia dengan permen asem dan kesulitan untuk bisa menemukannya tentu saja anda harus membuatnya sendiri, selain itu mungkin saja bisa kita jadikan sebagai sebuah usaha mengingat permen seperti ini sudah jarang yang memprodusinya.

Bagi anda yang ingin mencoba untuk membuat permen asem yang bisa dibilang sudah agak terlupakan ini, anda bisa baca yang dibawah ini yaitu tentang resep dan cara membuat permen asem sendiri.

Resep Membuat Permen Asem
250 gram Asam Jawa
300 gram gula jawa disisir
500 gram tepung roti
1 jari jahe yang telah dimemarkan
Gula pasir untuk taburan secukupnya sesuai selera

Cara membuat
  1. Hilangkan biji asamnya terlebih dahulu kemudian ambil dagingnya saja dan campurkan dengan air kira-kira satu gelas kemudian larutkan dan disaring.
  2. Campurkan gula jawa yang telah disisir, jahe dengan kira-kira satu gelas air kemudian rebus hingga larut dan mendidih.
  3. Masukan larutan asam kedalam adonan gula diatas dan aduk hingga merata dan biarkan sebentar agar mendidih
  4. Kecilkan apinya kemudian masukan tepung roti sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis
  5. Jika sudah angkat dan biarkan dingin terlebih dahulu, kemudian baru dibentuk bulat-bulat kecil-kecil
  6. Siapkan gula pasir pada sebuah wadah, kemudian guling-gulingkan semua adonan permen asam yang sudah dibentuk pada gula pasir tersebut, hingga seluruh permukaan permen asam tertutup gula pasir.
  7. Jika sudah bisa dikemas dengan plastik atau juga bisa dimasukan kedalam stoples  

1 comments: