Cara Membuat Bubur Sumsum Saus Kinca

Bagi masyarakat Indonesia tentu saja tidak asing dengan salah satu jenis bubur yang sering kita konsumsi yaitu ayang banyak orang menyebutnya sebagai bubur Sumsum. Bubur seperti ini bisa dibilang makanan yang sangat mudah untuk dicerna karena tekturnya yang sangat lembut bahkan lebih lembut dari bubur nasi, sehingga terkadang bagi orang yang sedang sakit juga sering mengkonsumsi bubur seperti ini.

Bubur sumsum terbuat dari tepung beras sehingga juga bisa membuat perut kita terasa kenyang, selain itu untuk menyajikannya pada umumnya juga disiram dengan saus kinca yang terbuat dari gula merah sehingga rasanya manis dan sangat lembut. Oleh karena itu tidak heran jika bubur ini juga sangat disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa dari segala lapisan masyarakat.

Bubur sumsum juga mudah untuk bisa kita temukan dipasar-pasar tradisional dengan harga yang murah, selain itu dibeberapa daerah juga ada yang menjajakannya berkeliling kampung. Untuk secara umum bubur ini memang banyak yang mengenalnya sebagai bubur Sumsum, namun untuk beberapa daerah di Jawa bubur ini lebih dikenal dengan nama bubur baning, yang terkadang juga digunakan untuk hidangan acara selamatan dibeberapa daerah.

Sebagai salah satu jenis bubur yang populer di masyarakat dari jaman dahulu secara turun-temurun, tentu saja banyak diantara kita yang dengan mudah membuat bubur sumsum seperti ini. Namun jika ada diantara anda yang belum bisa karena belum pernah mencoba, dan tertarik ingin membuat bubur sumsum sendiri, silahkan baca yang dibawah ini tentang cara membuat dan resep bubur sumsum.   
Bahan-bahan yang dibutuhkan
200 gram tepung beras
5 helai daun pandan disimpulkan
1250 ml santan dari 2 butir kelapa
1 sendok kecil garam

Bahan membuat Saus Kinca
400 gram gula merah disisir
200ml air matang
3 helai daun pandan disimpulkan

Cara membuat
1. Campurkan tepung beras, garam dan santan sebagian saja
2. Rebuslah sisa santan dengan daun pandan, sambil diaduk kemudian tuangkan adonan nomor 1 diatas. Aduk dan tunggu hingga mengental dan matang
3. Jika sudah buatlah sausnya dan caranya adalah, campurkan bahan untuk membuat saus kinca diatas kemudian rebus hingga gulanya larut dan mengental kemudian disaring
4. Sajikan bubur pada piring kemudian siram dengan saus kinca.

0 comments:

Post a Comment