Cara Membuat Sirup Kayu Manis

Kayu manis atau ada yang menyebutnya sebagai kulit kayu manis, adalah salah satu jenis rempah-rempah yang bisa digunakan untuk campuran dalam membuat masakan dari kue hingga minuman. Rempah seperti ini memiliki aroma wangi yang sangat khas sehingga sangat berguna untuk menambah cita rasa pada sebuah masakan, dan jika dilihat dari bentuknya seperti lembaran agak tipis yang menggulung berwarna cokelat.

Berdasarkan dari sumber informasi yang kami dapatkan, konon kabarnya kulit kayu manis merupakan jenis bumbu tertua didunia, karena kabarnya sudah digunakan oleh manusia sejak sekitar 5000 tahun yang lalu di Mesir untuk bumbu makanan. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri penghasil kayu manis banyak bisa kita temukan di beberapa daerah di Kalimantan, dan tersebar diberbagai daerah dinusantara yang bisa kita dapatkan dipasar-pasar tradisional.

Nama binomial dari kayu manis adalah Cinnamomum verum, sedangkan untuk spesies yang sering ada di Indonesia adalah Cinnamomum burmani. Tanaman seperti ini akan tumbuh lebih baik pada tanah lempung berpasir, dengan terdapat banyak humus, remah, kaya bahan organik dan berdrainase baik, pada ketinggian antara 500–1.500 m dpl. Tinggi dari pohon ini pada umumnya sekitar 5–15 m yang akan dimanfaatkan kulitnya apabila sudah berusia sekitar 10 tahun.

Sebagai salah satu jenis rempah, ternyata kulit kayu manis juga bisa dijadikan sebagai sirup yang rasanya manis dan segar dengan aroma khas kayu manis. Sirup seperti ini banyak dijual dibeberapa daerah di Kalimantan sebagai oleh-oleh, namun jika anda penasaran ingin mencicipi sirup minuman kayu manis dan belum ada waktu untuk berlibur ke Kalimantan, solusi terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri. Jika anda tertarik silahkan baca yang dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
200 gram Kayu manis yang telah dicuci bersih
1kg Gula pasir
4 sendok makan gula merah
2 liter Air

Cara membuat :
1. Rebuslah air hingga mendidih, kemudian masukan kayu manis
2. Tuangkan gula kemudian aduk hingga larut
3. Tunggu hingga air berubah warna, kemudian angkat dan saring
4. Tunggu hingga dingin dan masukanlah kedalam botol
5. Cara menyajikan seperti sirup pada biasanya

0 comments:

Post a Comment