Cara Membuat Tahu Bakso Goreng

Sebelumnya kami pernah membahas tentang cara membuat tahu isi sayur atau orang Jawa lebih sering menyebutnya sebagai tahu susur, maka untuk artikel kami kali ini juga masih seputar camilan gorengan yang terbuat dari bahan dasar tahu yaitu apa yang lebih sering dikenal sebagai Tahu Bakso Goreng. Camilan seperti ini sama seperti camilan gorengan lain yang rasanya gurih, pada umumnya disajikan dengan cabe rawit atau saos dan akan lebih nikmat ketika disajikan dalam keadaan hangat.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan, tahu bakso goreng banyak bisa ditemukan di Ungaran Jawa Tengah dan menjadi salah satu kuliner khas kota tersebut. Namun meskipun demikian masih belum diketahui dari manakah asal-usul dari kuliner seperti ini. Kabar lain juga menyebutkan ada kemungkinan jika tahu bakso diperkenalkan oleh orang-orang Tionghoa ke Indonesia, dan selain dari pada itu selain Ungaran menurut kami camilan gorengan seperti ini juga banyak bisa ditemukan di kota-kota lainnya.

Didaerah kami pada umumnya tahu bakso dijual dalam keadaan masih mentah kemudian tinggal digoreng dirumah baik menggunakan tepung maupun tidak. Selain itu camilan gorengan ini juga sering ada di warung-warung bakso, yang bisa dijadikan teman ketika makan bakso kuah agar lebih mantab rasanya. Camilan gorengan seperti ini memang sangat digemari oleh masyarakat karena rasanya yang teramat sangat gurih, bahkan mungkin juga bisa dibilang bisa mengalahkan kepopuleran tahu isi sayur. Namun tidak lepas dari semua itu tentu saja semua kemabali pada selera masing-masing.

Sesuai dengan namanya tahu bakso adalah tahu yang pada bagian tengahnya berisi adonan yang menyerupai bakso yang terbuat dari adonan tepung dan daging, yang kemudian dimasak dengan cara digoreng. Memang untuk bisa mendapatkan tahu bakso bisa dibilang mudah, karena menurut kami banyak industri-industri rumah tangga yang memproduksi jenis kuliner ini, namun apabila ada diantara anda yang ingin mencoba untuk membuat tahu bakso sendiri, anda bisa membaca yang dibawah ini.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
Tahu kopong kulit, yang telah direndam terlebih dahulu didalam air larutan bumbu bawang putih halus dan garam
Bahan isi
100 gram daging sapi yang telah digiling halus
100 gram tepung sagu
1 butir telur yang diambil putihnya saja
2 siung bawang putih
Garam dan merica bubuk secukupnya
1 helai daun bawang dipotong kecil-kecil
50 ml air es

Cara membuat

  1. Belah pada bagian sisi tahu agar bisa diisi, biasanya untuk tahu kopong isinya hanya sedikit sehingga biarkan saja.
  2. Campurkan semua bahan isinya kemudian aduklah hingga benar-benar merata
  3. Tahu yang sudah dibelah isikan dengan adonan bahan isi sesuai selera, sehingga adonan isi tersebut bisa untuk sekitar 10 tahu mungkin juga lebih, tergantung dari banyak sedikitnya bahan isi yang dimasukan dalam tahu
  4. Jika semuanya sudah kukuslah hingga matang kira-kira setengah jam, angkat dan dinginkan
  5. Gorenglah hingga matang dan sajikan dengan cabe rawit atau saos.

1 comments:

  1. wah kebetulan kami mau ada acara arisan kel shg dapat memanfaatkan resep ini. terimakasih atas resepnya

    ReplyDelete