Cara Membuat Permen Coklat Mete Warna-Warni

Cokelat adalah merupakan hasil olahan dari biji buah kakao(Theobroma cacao) yang bisa dijadikan beragam makanan maupun minuman. Salah satu jenis makanan yang paling sering kita temui yang terbuat dari cokelat adalah berupa permen yang rasanya sangat manis dengan aroma khas cokelat, sehingga banyak disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan terutama anak-anak.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan di Wikipedia konon kabarnya permen cokelat diciptakan untuk pertama kalinya oleh seorang yang bernama Conrad J. Van Houten yang merupakan orang Belanda. Beliau memeras biji coklat yang dimasaknya dan kemudian mencampurkannya dengan gula sehingga rasanya manis dan akhirnya menjadikannya sebuah permen cokelat.

Permen cokelat juga oleh masyarakat dijadikan sebuah simbol tertentu, dan seperti kita ketahui yang paling umum adalah sebagai simbol untuk mengungkapkan rasa cinta. Oleh karena itu tidak heran jika dihari Valentine permen cokelat adalah yang paling dicari-cari oleh para kawula muda untuk merayakan hari tersebut.

Permen cokelat sendiri untuk sekarang terdapat bermacam-macam bentuk variasi dan warna yang menarik dan lucu, sehingga banyak anak-anak yang sangat suka dengan bentuknya yang lucu tersebut selain rasanya yang tentu saja manis. Bagi anda yang menginginkan permen cokelat tentu saja sangat mudah untuk bisa menemukannya di warung-warung, toko kue, mini market, dan lain-lain. Namun tidak penasarankah anda untuk mencoba membuatnya sendiri, karena sebenarnya cara membuatnya juga cukup mudah, lebih murah dan bisa disesuaikan dengan selera kita masing-masing.
Oleh karena itu jika ada diantara anda yang ingin mencoba membuat permen cokelat sendiri, bisa membaca sedikit uraian yang ada dibawah ini tentang resep dan cara membuat permen cokelat mete.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
200 gram Batangan Cokelat Dark
200 gram White Coklat
Pewarna Permen merah, kuning, hijau atau sesuai selera masing-masing
Kacang mete sangrai secukupnya sebagai isi

Alat-alat yang dibutuhkan
Cetakan khusus permen cokelat yang bisa dibeli ditoko-toko bahan roti
Plastik segitiga
Wadah plastik berisi es batu yang ditaruh dibawah cetakan untuk membekukan(selain itu bisa juga menggunakan frezer)

Cara membuat
1. Lelehkan kedua jenis cokelat secara terpisah dengan cara di tim. Cokelat putih bagi menjadi beberpa bagian sesuai dengan warna yang anda inginkan. Jika 3 warna bagi menjadi 3 bagian dan masing-masing berilah pewarna secukupnya.
2. Masukan adonan cokelat pada kantong plastik segitiga, untuk tiap-tiap warnanya
3. Siapkan cetakan khusus permen cokelat yang dibawahnya terdapat wadah yang berisi es batu.
4. Tuangkan adonan cokelat pada cetakan. Untuk setiap warna tunggu hingga mengeras terlebih dahulu, baru kemudian tuangkan adonan warna lainnya.
5. Masukan kacang mete ditengahnya kemudian tutup dengan adonan cokelat.
6. Masukan kedalam frezer, dan jika sudah benar-benar mengeras baru keluarkan dari cetakan.

0 comments:

Post a Comment