Cara Membuat Es Blewah Segar Dingin

Blewah adalah salah satu jenis buah yang berbentuk bulat agak lonjong berwarna kuning dengan bercak kehijauan, dan memiliki bentuk yang agak mirip dengan labu namun dengan ukuran yang lebih kecil. Blewah (Cucumis melo) merupakan sejenis melon namun jika dilihat dari rasanya memang sangat berbeda, karena jika melon memiliki rasa yang sangat manis sedangkan blewah terasa hambar jika dimakan secara langsung. Namun walaupun demikian buah ini juga tetap terasa segar karena memiliki kandungan air yang cukup banyak.

Seperti halnya jenis buah-buahan lainnya tentu saja blewah juga memiliki banyak manfaat, yang berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan di Wikipedia jika blewah banyak mengandung mineral kalium, provitamin A dan juga serat makanan. Buah ini bisa bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga menyehatkan fungsi ginjal maupun limpa.(sumber manfaat blewah : http://id.wikipedia.org/wiki/Blewah)

Pada umumnya buah seperti ini sering dimanfaatkan sebagai minuman yaitu es blewah, yaitu dengan cara diserut memanjang kemudian dicampur dengan sirup, dan selain itu juga bisa ditambahkan bahan-bahan lain sepeti cincau dan macam-macam buah-buahan lainnya. Es blewah memang sudah sangat populer sejak jaman dahulu hingga sekarang karena rasanya yang sangat segar apalagi jika dinikmati ketika cuaca sedang panas.

Es Blewah juga cukup populer ketika bulan puasa untuk menu ketika berbuka, sedangkan untuk hari-hari biasa pada umumnya bisa juga kita temukan diwarung-warung dikampung-kampung, pasar tradisional, alun-alun kota dan lain-lain. Namun jika ada diantara anda yang ingin membuat sendiri es blewah, berikut adalah salah satu resepnya apabila anda tertarik mencobanya.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
200 gram buah blewah
100 gram cincau hitam
150 gram melon
200 ml sirup cocopandan
1000ml air matang
Es batu secukupnya

Cara Membuat
1. Keroklah buah blewah dan buah melon secara memanjang, kemudian cincau hitam dipotong dadu
2. Campurkan air dengan sirup kemudian aduk hingga merata dan siruonya larut
3. Campurkanlah semuanya dalam satu wadah dengan es batu secukupnya.

0 comments:

Post a Comment