Resep Kerak Telor Kuliner Khas Betawi

Kerak Telor adalah salah satu kuliner khas Betawi yang namanya sebenarnya sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, karena banyak acara televisi nasional yang sering menyebut-nyebut kuliner ini diberbagai acara. Namun sayangnya kuliner khas ini jarang sekali bisa kita temukan didaerah lainnya, padahal mungkin banyak diantara kita semua yang sangat ingin mencoba dan mencicipi salah satu masakan legendaris ini.

Sesuai dengan namanya kerak telor terbuat dari bahan dasar yaitu telur baik itu telur bebek maupun ayam, yang dipadukan dengan beberapa bahan lainnya seperti beras ketan putih, ebi(udang kering yang diasinkan) beserta dengan bumbu-bumbu rempah lainnya, sehingga tentu saja rasanya akan sangat nikmat. Menariknya ada yang sangat unik ketika memasak kerak telor ini yaitu ketika adonan sudah dibentuk bundar dan menempel pada wajan, kemudian adonan kerak telor tersebut dipanggang diatas bara api dari arang dengan cara wajannya dibalik.

Para penjual kerok telor pada umumnya juga sangat khas yaitu dengan cara memikul gerobak, selain itu kuliner ini juga diidentikan dengan Pekan Raya Jakarta (PRJ). Dalam rangka memperingat HUT DKI Jakarta setiap tahunnya yang berada di PRJ jenis masakan yang satu ini bisa dibilang merupakan kuliner wajib.

Memang bisa dibilang kerok telor akan membuat kita yang berada diwilayah diluar Jakarta akan sangat penasaran untuk bisa mencicipi kulinerini, namun sayangnya kerak telor tidak dijumpai didaerah lain. Oleh karena itu jika anda ingin mencicipi kerak telor namun tidak bisa mendapatkannya atau mungkin posisi anda sekarang diluar negeri dan merindukan kerak telor ini, jalan terbaik adalah dengan membuatnya sendiri. Jika anda tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri berikut adalah resep dan cara membuat kerak telor yang bisa anda coba.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
100 gram beras ketan putih
4 butir telur bebek atau ayam
4 sendok makan bawang goreng
4 sendok makan serundeng
2 biji cabai rawit yang diiris halus
1 sendok kecil lada bubuk
1 sendok kecil gula pasir
25 gram ebi sangrai dan dihaluskan
Garam secukupnya

Cara membuat 
  • Pertama rendamlah beras ketan didalam air kira-kira 2 hingga 3 jam
  • Panaskan wajan untuk memasak kerak telor, jika sudah masukan satu sendok makan sayur ketan yang sudah direndam beserta dengan sedikit air rendaman tersebut kira-kira 50ml, kemudian masak dan ditutup kira-kira selama 3 menit
  • Tuangkan 2 butir telur, 2 sendok makan bawang goreng, 2 sendok makan serundeng, 2 sendok makan ebi halus sangrai, 1 buah cabai rawit, 1/2 sendok teh lada bubuk dan 1/2 sendok teh gula pasir, dan garam secukupnya kemudian aduklah hingga merata.
  • Jika sudah ratakan adonan pada penggorengan kemudian tutup kembali menjadi harum
  • Baliklah penggorengan agar permukaan kerak telor terpanggang oleh api
  • Lakukan langkah-langkah diatas untuk membuat kerak telor dari bahan-bahan sisanya.

0 comments:

Post a Comment