Cara Membuat Kerupuk Uyel aka Kerupuk Putih

Kerupuk ini memang yang paling populer ditengah masyarakat Indonesia, karena dari jaman dahulu hingga sekarang masih tetap eksis dan banyak sekali penggemarnya sehingga bisa dibilang kerupuk yang paling laris manis dipasaran. Beberapa orang banyak yang menyebut kerupuk ini dengan sebutan yang cukup unik yaitu kerupuk uyel, namun selain daripada itu ada juga yang menyebutnya sebagi kerupuk putih karena pada umumnya berwarna putih bersih walaupun ada juga yang berwarna kuning.

Kerupuk uyel sangat mudah untuk bisa kita temukan dimana saja, dari warung-warung kelontong dikampung-kampung, pasar tradisional, warung-warung makan dan lain-lain. Selain itu kami juga yakin jika dirumah anda sendiri pasti terkadang juga sudah siap sedia kerupuk uyel sebagai teman untuk makan keluarga anda. Menariknya lagi karena begitu populernya jenis kerupuk yang satu ini ada beberapa orang yang merasa ada yang kurang jika makan nasi dengan lauk dan sayur apa saja tanpa dilengkapi dengan kerupuk uyel tersebut.

Kepopuleran kerupuk uyel juga bukanlah tanpa sebab, karena seperti kita ketahui semua jika kerupuk ini memiliki rasa yang gurih dan harganya juga bisa dibilang paling murah jika dibandingkan dengan jenis kerupuk lainnya. Karena hal tersebut tidak heran jika para pemroduksi kerupuk uyel, ada kemungkinan sudah tersebar diseluruh daerah nusantara sehingga dimana saja pasti mudah untuk bisa mendapatkannya.
Kerupuk uyel juga memiliki bentuk yang unik karena seperti tali yang menyilang-nyilang keriting dan terdapat banyak rongga ditengahnya. Mungkin karena bentuknya yang keriting tersebut yang membuat banyak orang yang menyebutnya sebagai kerupuk uyel, karena uyel sendiri ada beberapa masyarakat yang mengartikannya sebagai keriting.

Memang sangat mudah untuk bisa mendapatkan kerupuk ini kapan saja, namun tidak penasarankah anda bagaimana cara membuatnya?, oleh karena itu jika anda tertarik untuk mencoba membuat sendiri kerupuk uyel atau kerupuk putih ini, anda bisa membaca yang dibawah ini.

Bahan-bahan membuat kerupuk uyel
500 gram tepung tapioka
50 gram tepung terigu
10 gram bawang putih
10 gram gula pasir
20 gram garam'
125 ml air
penyedap rasa secukupnya sesuai selera

Cara membuat 
  1. Tumbuklah kemudian goreng bawang putih dan dinginkan. Jika sudah campurkan dengan bahan bumbu lainnya seperti penyedap rasa, garam dan gula pasir.
  2. Tuangkan kedua jenis tepung yang tersebut diatas, kemudian beri air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis
  3. Jika sudah masukan adonan kedalam kertas berbentuk kerucut yang pada ujungnya dilubangi kecil, kemudian semprotkan perlahan dengan dibentuk melingkar-melingkar menyilang, kira-kira seperti pada gambar.
  4. Jika sudah semuanya kemudian kukuslah kira-kira 15-20 menit
  5. Jemur semua adonan yang sudah dicetak dibawah sinar matahari hingga kering
  6. Gorenglah hingga matang dan mengembang.

0 comments:

Post a Comment