Resep Membuat Cilok Jajanan Kenyal Gurih

Mungkin bisa dibilang jika jajanan tradisional masa kini banyak orang khususnya anak-anak yang suka dengan jajanan yang kenyal ketika digigit. Salah satu jenis jajanan seperti ini yang bayak beredar dipasaran adalah apa yang dinamakan dengan Cilok yang tentunya tidak asing buat kita semua, karena jajanan seperti ini banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakannya di beberapa daerah.

Sesuai dengan sumber yang kami dapatkan jika jajanan Cilok berasal dari daerah Jawa Barat yang sudah tersebar diberbagai daerah karena rasanya yang gurih dan juga asyik sebagai camilan. Cilok sendiri berdasarkan dari sumber di Wikipedia merupakan singhkata dari aci dicolok, dan selain itu aci sendiri juga merupakan bahasa sunda yang memiliki arti sebagai tepung kanji.

Cilok memiliki bentuk yang bulat-bulat seperti bakso namun lebih kenyal dan juga memiliki rasa yang sangat khas, uniknya lagi ditempat daerah kami tinggal di Jawa Tengah jajanan seperti ini memiliki sebutan yang lain yaitu Pentol Cilot, karena bentuknya yang bulat-bulat tersebut dan pentol sendiri jika diartikan adalah bulat.

Jajanan tradisional ini mungkin bisa dibilang sebagian besar penggemarnya adalah anak-anak, namun selain dari pada itu ternyata Cilok juga disukai oleh kalangan remaja bahkan beberapa orang dewasa. Mungkin dalam hal ini Cilok memang memiliki rasa yang gurih sehingga banyak orang yang suka, selain itu jajanan ini juga akan lebih nikmat lagi bila disajikan dalam keadaan hangat, dan pada umumnya disajikan dengan disiram saos, kecap atau juga bisa sambal kacang.

Menariknya lagi untuk menambah rasanya agar lebih nikmat ada yang membuat Cilok yang pada bagian dalamnya diisi dengan telur  rebus yang dipotong-potong, atau juga bisa diisi dengan abon, selain dari pada itu ada juga yang mencampurnya dengan daging ayam masak. Untuk mendapatkan jajanan Cilok memang sangat mudah karena para pedagang keliling yang cukup banyak jumlahnya, dan menjajakannya diberbagai tempat termasuk sekolah-sekolah, kampus, dikampung-kampung dan lain-lain. Namun mungkin ada diantara anda yang ingin mencoba untuk membuat sendiri jajanan Cilok seperti ini, dan jika anda belum tahu resep dan cara membuatnya silahkan baca yang berikut ini.  
Resep Membuat Cilok
500 gram tepung kanji
100 gram tepung terigu
3 batang seledri yang diiris kecil-kecil
4 siung bawang putih
Garam secukupnya
1 sendok merica yang kemudian ditumbuk halus
Air panas secukupnya jangan terlalu encer

Bahan isi
Abon, telur rebus dipotong kecil-kecil, sosis dipotong kecil-kecil, daging ayam masak yang telah dibumbui. Pilih salah satu

Bahan pelengkap
Sambal kacang, Saos Sambal, Kecap

Cara membuat
1. Haluskan bumbunya yaitu bawang putih, merica dan garam
2. Campurkan bumbu halus yang telah disiapkan dengan air panas
3. Campurkan semua tepung, kemudian tuangkan air yang sudah diberi bumbu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis
4. Ambil satu sendok kecil adonan kemudian pipihkan dan isilah dengan bahan isi sesuai selera. Jika sudah bulatkan
5. Rebuslah didalam air adonan yang sudah dibulatkan hingga matang dan terapung, kemudian angkat dan tiriskan
6. Sajikan cilok dengan bahan pelengkap sesuai selera

0 comments:

Post a Comment