Resep Masakan Tradisional Nasi Gudangan

Masyarakat Indonesia memang bisa dibilang terkenal suka memakan sayur-sayuran sehingga tercipta beraneka ragam masakan tradisional , yang bahannya terdiri dari macam-macam sayuran dan salah satunya adalah apa yang disebut sebagai Gudangan atau ada juga yang menyebutnya sebagai urap. Masakan ini bisa dibilang sebagai warisan budaya leluhur yang patut untuk terus dilestarikan agar tidak punah, karena juga sering dijadikan sebagai hidangan untuk hajat-hajat tertentu oleh masyarakat seperti syukuran, selapanan dan lain-lain.

Gudangan pada umumnya disajikan dengan nasi yang juga sangat cocok bagi anda yang vegetarian, karena tidak seperti masakan sayur pada umumnya yang hanya terdiri dari satu macam bahan sayur saja, namun untuk Gudangan bisa beraneka ragam bahan sayuran sesuai dengan selera kita masing-masing. Kabarnya ada juga beberapa turis asing yang sedang berlibur ke Indonesia yang juga sangat suka dengan masakan ini karena terdiri dari macam-macam sayuran sehat dan rasanya juga sangat lezat.

Menariknya lagi dahulu sesuai dengan tradisi adat didaerah tertentu nasi Gudangan juga dijadikan sebagai hidangan untuk suatu syukuran yang diikuti oleh anak-anak kecil. Mereka akan diberikan satu pincuk(bungkusan dari daun pisang secara terbuka) berisi nasi gudangan dan juga sedikit uang jajan, sehingga hal ini tentu saja akan membuat banyak anak kecil jaman dahulu yang sangat suka dan antusias untuk mengikuti acara ini, dan kemudian makan nasi gudangan tersebut secara bersama-sama. Sayangnya menurut kami tradisi ini sudah mulai jarang dilakukan untuk jaman sekarang, bahkan ditempat kami bisa dibilang sudah tidak ada lagi.
Untuk membuat Gudangan sendiri sebenarnya juga cukup mudah karena hanya beberapa macam sayur direbus, kemudian ditaburi oleh bumbu yang sangat unik karena terbuat dari kelapa parut atau ada juga yang menyebutnya sebagai sambal Gudangan. Karena pembuatan yang mudah tersebut sehingga Gudangan tidak hanya untuk acara khusus saja namun juga menjadi salah satu macam sajian untuk makan keluarga sehari-hari, selain itu terkadang dipasar-pasar tradisional juga ada yang menjajakannya.

Setelah membaca sedikit uraian tentang masakan tradisional gudangan, bagi anda yang ingin mencoba untuk mmebuatnya berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan sayur
Bayam, Kulbis, Wortel dipotong memanjang seperti korek api, kecambah, kacang panjang dipotong-potong, daun ketela muda, sayur adas dan lain-lain sesuai selera sayuran masing-masing.

Bahan bumbu kelapa/sambal gudangan
300 gram kelapa muda yang telah diparut
2 cm kencur
3 siung bawang putih
3 buah cabai merah
Cabe rawit sesuai selera tergantung suka pedas atau tidak
2 lembar daun jeruk purut
Guka Jawa dan garam secukupnya

Bahan pelengkap
Nasi Hangat, telur rebus dibelah dua secara horizontal, rempeyek kacang, ikan gereh pethek goreng.

Cara membuat

1. Rebuslah semua sayuran hingga lunak angkat dan tiriskan, kemudian sisihkan jangan tercampur menjadi satu
2. Haluskan semua bahan bumbu kecuali kelapa parut, jika sudah baru campurkan dengan kelapa parut tersebut kemudian aduk hingga merata
3. Cara menyajikan tuangkan nasi pada piring, kemudian sayuran-sayuran yang sudah direbus secukupnya, kemudian taburi bumbu kelapa, dan yang terakhir telur rebus, rempeyek, ikan gereh pethek goreng.
4. Menurut kami sajian seperti ini lebih nikmat apabila disantab tanpa sendok dan garpu, yaitu cukup menggunakan tangan saja, namun jangan lupa harus cuci tangan yang bersih terlebih dahulu.  

0 comments:

Post a Comment