Resep Membuat Nangka Goreng

Buah nangka(Artocarpus heterophyllus) atau orang-orang luar negeri lebih mengenalnya sebagai jackfruit, adalah sejenis buah yang rasanya sangat manis dan baunya juga sangat harum bahkan dari jarak beberapa meterpun bau wangi dari buah ini juga masih tercium tajam. Buah ini sangat disukai oleh banyak orang yang dimakan secara langsung atau diolah menjadi macam-macam jenis makanan atau minuman.

Ada salah satu jenis makanan untuk camilan yang cukup unik yang terbuat dari buah nangka ini yaitu apa yang dinamakan dengan Nangka Goreng. Sesuai dengan namanya tentu saja cara pembuatan dari makanan ini adalah dengan cara digoreng yang rasanya juga sangat enak apalagi ketika disajikan saat masih hangat. Dalam pembuatannya Nangka Goreng juga terbilang sederhana dan mudah, yaitu potongan nangka yang dicampur dengan adonan tepung kemudian digoreng sehingga bisa dibilang untuk kalangan cowokpun pasti juga bisa dnegan mudah membuatnya.

Menurut kami camilan goreng seperti ini memang jarang yang menjajakannya, dan yang paling banyak adalah membuat sendiri untuk camilan keluarga terutama ketika sore hari. Mungkin hal ini juga dipengaruhi oleh harga buah nangka yang cukup mahal dan musiman sehingga para pedagang gorengan agak enggan untuk menjajakannya.

Menariknya dalam perkembangannya nangka goreng ada juga yang dicampur dengan pisang raja, buah nanas bahkan juga ada yang mencampurnya dengan serutan kelapa muda, sehingga perpaduan dari dua bahan ini akan menghasilkan rasa yang sangat khas, yang akan membuat lidah kita selalu ingin memakannya. Bagi anda yang belum pernah mencicipi dan penasaran dengan Nangka goreng, solusi terbaik adalah membuatnya sendiri dan berikut adalah resepnya.
Resep Nangka Goreng
10 buah nangka dan buanglah bijinya
250 gram tepung terigu
1 butir telur ayam
1 sendok kecil gula pasir
Garam dan air secukupnya
Bila anda suka juga bisa dicampur dengan bahan pisang raja dipotong kecil-kecil, atau nanas yang juga dipotong kecil-kecil, atau juga bisa kelapa muda yang sudah diserut. Pilih salah satu saja

Cara membuat 
  1. Cucilah nangka hingga bersih kemudian potonglah kecil-kecil
  2. Campurkan tepung terigu dengan gula, garam dan telur kemudian tuangkan air secukupnya jangan sampai encer, dan aduklah hingga merata.
  3. Jika sudah masukan semua nangka dalam adonan tepung tersebut dan aduk kembali hingga merata.
  4. Ambil adonan sesuai dengan selera untuk ukurannya, kemudian gorenglah pada api sedang hingga matang.

0 comments:

Post a Comment