Resep dan Cara Membuat Kue Kuping Gajah

Bagi masyarakat Indonesia siapa yang tidak tahu kue Kuping Gajah, yaitu sebuah kue kering yang rasanya manis dan lebih sering ada ketika lebaran tiba, sehingga selalu siap mengisi stoples dan menghiasi meja ruang tamu anda untuk disajikan ketika sanak keluarga atau tamu berkunjung. Kue Kuping Gajah juga merupakan salah satu kue kering khas tradisional Indonesia yang menurut kami keberadaanya sudah ada sejak dahulu secara turun-temurun, dan kue semacam ini juga sudah tersebar luas dibeberapa daerah di Nusantara.

Jika dilihat dari namanya tentu saja sangat unik karena kuping sendiri oleh masyarakat Jawa bisa diartikan sebagai telinga, sehingga kue ini jika diartikan adalah kue telinga gajah. Namun dalam hal ini tentu saja bukan berarti kue ini dibuat dari telinga gajah beneran, akan tetapi seperti beberapa jenis kue lainnya kue kuping gajah terbuat dari adoanan tepung terigu.

Bentuk dari kue ini juga sangat unik dan menarik, yaitu pipih dan agak cembung sehingga sedikit menyerupai telinga, mungkin karena hal inilah kue kering ini dinamakan demikian. Selain itu kue ini pada umumnya juga memiliki motif yang menarik yaitu kombinasi warna putih dan cokelat yang melingkar sehingga membuat orang-orang suka kepadanya.

 Jika dilihat dari rasanya kue ini dominan dengan rasa manis yang khas dan ketika digigit juga renyah, sehingga juga cocok dijadikan sebagai camilan keluarga dirumah karena anak-anakpun pada umumnya juga suka dengan jenis kue ini. Kue kuping gajah hingga sekarang bisa kita beli dipasar-pasar tradisional atau toko kue dengan harga yang terjangkau, terlebih lagi jika menjelang lebaran tiba maka akan lebih banyak lagi yang memproduksi kue kering Kuping Gajah ini.

Setelah sedikit mengulas tentang kue yang unik dan menarik ini mari kita juga menyimak tentang proses pembuatannya beserta dengan resepnya.

Bahan untuk membuat Kue Kuping Gajah
500 gram tepung terigu
150 gram tepung gula
2 butir telur
2 sendok makan margarine
2 sendok makan cokelat bubuk
200 cc santan kental
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Campurkan beberapa bahan seperti epung terigu, gula halus dan garam kemudian aduklah hingga merata

2. Jika sudah tuangkan telur dan margarine, kemudian diikuti dengan santan kental, aduk kembali dan uleni hingga adonan menjadi kalis

3. Bagilah adonan yang sudah jadi menjadi dua bagian, kemudian salah satu bagian campurkan dengan cokelat bubuk yang diaduk hingga rata

4. Dalam hal ini adonan terbagi menjadi dua, satu putih dan yang satu cokelat. Giling keduanya dengan alat penggiling hingga pipih secara terpisah, namun jika anda tidak punya alat penggiling bisa menggunakan botol kaca yang bersih, gunakan bagian sisinya untuk menggiling adonan hingga pipih.

5. Adonan yang berwarna putih yang sudah dipipihkan letakan diatas adonan warna cokelat yang juga sudah dipipihkan kemudian ditekan sedikti agar melekat. Gulunglah hingga berbentuk silinder kemudian diamkan dahulu kira-kira setengah jam

6. Potong-potonglah tipis-tipis secara vertikal adonan yang sudah terbentuk silinder tersebut, kemudian gilas kembali hingga tipis

7. Siapkan wajan dan minyak kemudian panaskan, gorenglag irisan adonan kue kuping gajah hingga matang. 

0 comments:

Post a Comment