Mengolah Ubi Talas Menjadi Keripik Gurih Renyah

Talas adalah salah satu jenis tanaman rimpang yang bisa menghasilkan ubi yang dengan mudah bisa kita temukan di Indonesia terutama di wilayah bagian barat. Tanaman ini terkadang juga tumbuh secara liar dikebun-kebun yang jumlahnya banyak dan menariknya juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan salah satunya adalah untuk dikonsumsi ubinya. 

Mungkin bagi sebagian orang talas dianggap sebelah mata karena harganya yang sangat murah, dan ironisnya terkadang orang juga menganggapnya kampungan untuk mengkonsumsinya. Padahal ubi talas seperti ini memiliki rasa yang sangat khas, bahkan menurut kami sendiri lebih enak jika dibandingkan dengan ketela pohon.

Bagi masyarakat Jawa tempo dulu ada sebutan yang cukup unik untuk ubi talas ini dan mereka sering menyebutnya sebagai kimpul, yang memiliki ciri khas yaitu daun yang sangat unik karena kedap air. Sehingga jaman dahulu daun talas ini sering digunakan untuk mainan anak-anak dengan cara menuangkan sedikit air diatas permukaan daun tersebut, kemudian daunnya digerak-gerakan sehingga tetes air tersebut akan berjalan menggummpal.

Nama binomial dari tanaman talas adalah Colocasia giganteum Hook, dan berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan, di Indonesia tanaman ini paling banyak bisa dijumpai di daerah Malang, Bogor, dan juga Bali. Pada umumnya cara mengolah ubi talas yang paling mudah adalah dengan cara direbus atau digoreng kemudian dimakan, dan menariknya ubi ini juga bisa membuat perut kita terasa cepat kenyang.
Menariknya lagi dalam perkembangannya ubi talas juga bisa diolah menjadi sebuah camilan ringan yang juga cukup digemari oleh masayarakat. Olahan ini adalah membuatnya menjadi sebuah keripik yang rasanya gurih dan pedas dan orang-orang menyebutnya sebagai keripik talas. Jika anda ingin tahu tentang cara membuatnya yang paling sederhana, silahkan baca yang dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
1 KG talas
2 sendok kecil air kapur sirih
1500 ml air
Garam secukupnya
Minyak goreng

Cara Membuat
1. Kupaslah talas terlebih dahulu kemudian cuci hingga benar-benar bersih, dan irislah agak tipis bisa berbentuk lingkaran, atau bisa juga dibentuk stik memanjang

2. Jika sudah masukan kedalam tampah kemudian jemur dibawah sinar matahari kira-kira 2-3 jam agar getahnya hilang.

3. Rendamlah pada campuran air, kapur sirih beserta garam kira-kira setengah jam, dan jika sudah cucilah hingga bersih

4. Siapkan wajan dan panaskan minyak kemudian gorenglah hingga matang dan tiriskan.

5. Keripik talas siap untuk disajikan, jika anda ingin lebih nikmat bisa ditambahkan bumbu balado.

0 comments:

Post a Comment