Resep Lontong Pecel Istimewa

Bagi seoarang vegetarian pasti sangat suka dengan salah satu masakan khas Indonesia yang bernama Pecel, karena masakan ini terdiri dari bermacam-macam sayuran yang direbus kemudian disiram oleh sambal kacang. Pecel sudah tersebar diseluruh nusantara dan menjadi salah satu warisan kuliner yang sehat dan murah sehingga disukai oleh masyarakat dari segala lapisan.

Bahkan beberapa turis manca negara juga suka dengan masakan ini karena terdiri dari macam-macam sayuran yang disajikan secara bersamaan dalam satu masakan. Pada umumnya pecel disajikan dengan lontong atau nasi dan juga nikmat dicampurkan dengan beberapa bahan lain seperti irisan tahu beserta irisan bakwan, dan kerupuk sehingga akan membuat rasanya menjadi lebih nikmat.

Rasa dari pecel sendiri perpaduan dari rasa gurih dan agak manis dengan aroma kacang pada sambalnya yang sangat khas, dan menurut kami lebih cocok dihidangkan ketika siang hari walaupun juga tetap nikmat untuk dinikmati ketika pagi atau malam hari. Para penjual pecel juga masih banyak hingga sekarang yang bisa kita temui dipasar-pasar tradisional atau dikampung-kampung dengan harga yang relatif murah antara Rp.3000 hingga Rp.5000 tiap porsinya, bahkan uniknya dahulu diera 80-90an cara membungkusnya dengan daun pisang dan daun jati.

Sebagai masakan wajib masyarakat Indonesia tentu saja sebagian besar ibu-ibu rumah tangga atau para penghobi dunia masak-memasak pasti sudah tahu cara membuatnya. Namun jika memang ada yang belum pernah atau belum tahu cara membuatnya berikut resepnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
Kol, bayam, kacang panjang, kecambah(taoge), sayur adas yang semuanya direbus(jangan tercampur) dan tiriskan
Bahan tambahan bisa tahu dan bakwan goreng yang diiris kecil-kecil, lontong, kerupuk 

Bahan untuk sambal atau saus kacang
125 gram kacang tanah goreng
3 sendok makan irisan gula jawa
3 cabai rawit(sesuai selera bisa ditambahkan apabila suka pedas)
1 cabai merah
2 siung bawang putih
1 lembar daun jeruk purut
1/2 sendok kecil asam jawa
1/8 sendok kecil terasi
Garam dan kencur secukupnya
150 ml air matang

Cara membuat
1. Tumis bawang putih, daun jeruk, cabai, kencur dengan sedikit minyak kemudian tiriskan
2. Haluskan dan campur semua bumbunya beserta kacang tanah yang telah dihaluskan
3. Cara penyajian, potong-potonglah lontong terlebih dahulu kemudian masukan irisan bakwan dan tahu, jika sudah masukan sayuran rebus dan siram dengan sambal kacang sampai merata, terakhir masukan kerupuk dengan cara diremuk terlebih dahulu.

0 comments:

Post a Comment