Cara Membuat Kue Semprong Renyah Manis

Kue Semprong merupakan salah satu jenis kue kering tradisional yang tentu saja anda semua pasti pernah mencicipinya. Kue ini memiliki rasa yang manis dan sangat renyah ketika digigit yang menjadikannya sebagai salah satu dari ciri khasnya, selain itu juga memiliki bentuk yang cukup unik yaitu seperti pipa yang tengahnya bolong.

Nama dari kue ini sendiri sebenarnya juga unik, karena masyarakat Jawa jaman dahulu juga mengenal semprong sebagai kaca berbentuk pipa yang digunakan pada lampu minyak tradisional(senthir). Namun apakah memang benar jika kue Semprong ini dinamakan demikian karena mirip dengan benda yang terbuat dari kaca tersebut kami sendiri juga tidak menemukan informasi yang akurat, dan yang pasti keduanya memang berbentuk seperti pipa.

Menariknya lagi untuk beberapa penghasil kue Semprong pada umumnya membuat kue ini yang permukaannya dibuat seperti ada ukiran dengan motif-motif tertentu sehingga terlihat lebih menarik. Ukiran pada kue ini bisa dibuat sesuai dengan gambar ukiran yang ada pada alat pencetaknya, yang bisa dibilang khusus. Selain itu walaupun sebagain besar berbentuk pipa pada perkembangannya kue semprong juga ada yang dibentuk segitiga dan bentuk-bentuk lainnya sesuai dengan selera.
 
 
Kue ini juga bisa dibilang kue yang sangat murah meriah dan ringan dikantong, yang akan selalu siap mengisi stoples anda dirumah, untuk persediaan camilan keluarga atau sebagai hidangan apabila kedatangan tamu. Memang kue seperti ini cenderung masih mudah untuk mendapatkannya dari para pedagang, namun ada kalanya mari kita juga mencoba membuat sendiri kue Semprong tradisional ini, dan jika anda tertarik berikut resep dan cara membuatnya.

Resep Kue Semprong
500 gram tepung beras
6 butir telur
250 gram gula pasir
800 ml santan yang kental
1 sendok kecil bubuk kayu manis

Cara membuat
1. Kocoklah telur terlebih dahulu hingga mengembang
2. Campurkan beberapa bahan seperti tepung, telur, kayu manis dan gula kemudian tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga merata dan pastikan gulanya benar-benar larut
3. Siapkan cetakan(jika ingin yang bermotif gunakan cetakan seperti diatas), panaskan cetakan tersebut dan olesilah tipis dengan minyak pada permukaanya.
4. Tuangkan adonan kira-kira 2 sendok makan kemudian ratakan
5. Bolak-baliklah cetakan agar benar-benar matang
6. Jika sudah angkat dan ketika masih hangat dan lunak segera gulung dan dibentuk seperti pipa. Selain itu sesuai yang telah saya sebut diatas juga bisa dibentuk sesuai dengan selera anda masing-masing

0 comments:

Post a Comment