Resep Kue Prol Tapai Tabur Keju

Tapai singkong adalah salah satu jenis kue tradisional yang banyak disukai oleh masayarakat dari berbagai kalangan karena rasanya yang manis dan harganya juga sangat murah. Namun selain kue ini bisa dimakan secara langsung, tetapi juga bisa dijadikan beragam kue bahkan minuman dan salah satunya adalah apa yang disebut sebagai kue prol tape(tapai).

Kue ini dahulu cukup populer dan bisa dengan mudah kita beli ditoko-toko kue hingga pasar tradisional, hanya saja sayangnya untuk saat ini menurut kami sudah agak jarang untuk bisa ditemukan didaerah sekitar tempat kami tinggal, dan selain dari pada itu kami sendiri juga tidak tahu apakah jenis kue ini masih mudah ditemukan didaerah lain atau tidak.

Kue prol tapai memiliki rasa yang sangat manis dengan aroma khas tape yang dahulu juga sangat disukai oleh banyak orang, selain itu ketika digigit juga sangat empuk dan legit. Jika anda adalah seorang penggemar tape singkong pasti anda juga akan suka dengan kue ini, karena teksturnya yang sangat padat dan empuk yang akan selalu siap memanjakan lidah anda.

Pada dasarnya kue ini terbuat dari tapai singkong yang telah dihaluskan dan dicampur dengan beberapa adonan kemudian dipanggang didalam oven, sehingga serat-serat yang ada dalam tapai singkong juga akan menjadi hancur dan empuk. Selain dari pada itu kue prol tapai juga bisa ditambahkan bahan lain sebagai taburan sesuai selera bisa keju, meises, kismis dan lain-lain.
Bagi anda yang ingin mencicipi kembali kue prol tapai, namun didaerah tempat anda tinggal sekarang sudah sulit untuk bisa menemukannya, tentu saja jalan terbaik adalah membuatnya sendiri. Namun jika anda belum tahu cara dan resepnya silahkan baca yang berikut ini.

Resep Prol Tape
1 Kg  Tapai singkong
200 gram  Tepung terigu
200 ml susu cair      
5 butir Telur ayam kocok lepas
300 gram Gula pasir
Mentega kira-kira 7 sendok makan lelehkan
Garam secukupnya
Kuning telur untuk olesan dan keju parut untuk taburan(apabila suka)

Cara membuat
1. Hilangkan serat pada tapai singkong kemudian haluskan, kemudian campurkan dengan gula dan garam dan remas-remas hingga merata
2. Masukan bahan-bahan lainnya seperti tepung terigu , mentega cair, susu cair, dan kocokan telur kemudian aduk hingga merata
3. Siapkan loyang yang telah diolesi mentega, kemudian tuangkan adonan kedalam loyang tersebut
4. Masukanlah kedalam oven kira-kira 20 menit, kemudian olesi dengan kuning telur pada permukaanya dan taburi dengan keju parut, masukan kembali kira-kira 10 menit kemudian angkat dan dinginkan.
5. Potong-potong sesuai selera dan sajikan.

0 comments:

Post a Comment