Resep Keripik Singkong Selera Pedas

Singkong adalah salah satu jenis ubi yang sangat melimpah ruah dinegeri tercinta kita ini, sehingga harganya sangat terjangkau dan juga bisa diolah menjadi beraneka-ragam makanan. Salah satu jenis olahan ubi singkong yang bisa dibilang mudah adalah menjadikannya sebagai keripik renyah yang bisa kita gunakan untuk camilan keluarga atau juga bisa dijual, mengingat keripik seperti ini menurut kami adalah yang paling populer dimasyarakat karena harganya yang paling murah dan rasanya tetap enak.

Keripik singkong juga memiliki nama lain yang cukup unik contohnya orang-orang Jawa menyebutnya sebagai ceriping telo, namun juga ada yang menyebutnya sebagai balung kuwuk. Keripik seperti ini masih banyak orang yang membuatnya dan dalam perkembangannya juga tersedia variasi rasa lain seperti rasa keju, balado, pedas dan lain-lain.

Untuk membuat keripik ini sebenarnya juga relatif mudah, namun yang cukup sulit dan membutuhkan ketelatenan adalah ketika mengiris bahan bakunya yaitu ketela pohon dan mengirisnya tipis-tipis. Karena jika terlalu tebal sedikit saja maka akan membuat keripik menjadi keras sehingga akan mengurangi kenikmatannya.

Entah siapkah yang pertama kali yang menciptakan keripik singkong ini yang terkenal paling murah dan tidak kalah nikmat dengan jenis keripik lain, namun yang pasti keripik ini memang sudah ada sejak jaman dahulu dan tidak akan pernah habis peminatnya dari masa ke masa. Bagi anda yang ingin mencoba untuk membuat keripik singkong sendiri, berikut adalah resep dan cara membuat keripik tersebut namun kali ini akan lebih dikhususkan bagi anda pecinta rasa pedas.
Resep Keripik Singkong Pedas
250 gram singkong yang diiris-iris sangat tipis
1 sendok kecil garam dapur( 1/2 sendok buat buat merendam, 1/2 sendok buat bumbu
1/2 sendok kecil air kapur sirih
1/2 sendok kecil cuka masak
2 sendok makan gula pasir
2 atau 3 siung bawang putih
50 gram cabai merah tanpa biji(jika masih kurang pedas masih bisa ditambahkan sesuai selera)

Cara membuat
1. Rendamlah irisan-irisan singkong didalam air yang dicampur dengan kapur sirih dan garam, kira-kira 15 menit saja
2. Jika sudah bersihkan kemudian tiriskan
3. Gorenglah irisan singkong hingga matang berwarna kuning agak sedikit kecokelatan
4. Buatlah bumbunya yaitu bawang putih, cabai merah dan garam dihaluskan kemudian ditumis hingga harum, dan kemudian tambahkan cuka dan gula pasir dan aduklah hingga semuanya benar-benar merata dan mengental
5. Masukan irisan singkong yang sudah digoreng pada bumbu yang sudah dibuat diatas, aduklah hingga seluruh permukaan terkena bumbu
6. Angkat dan dinginkan pada wadah yang tertutup, kemudian sajikan 

0 comments:

Post a Comment