Cara Sederhana Membuat Kacang Atom

Ada sebuah makanan ringan yang sering digunakan untuk camilan yang bahan dasarnya terbuat dari kacang dan sangat populer di Indonesia, karena mudah sekali untuk bisa kita dapatkan baik diwarung-warung maupun toko. Makanan ringan ini orang-orang sering menyebutnya sebagai kacang atom yang rasanya sangat gurih dan harganya juga sangat murah.

Kacang atom pada bagian luarnya diselimuti oleh kulit yang berwarna putih sehingga hal inilah yang menjadikannya sebagai ciri khasnya, yang sangat berbeda dengan jenis olahan lain yang sama-sama terbuat dari kacang. Beberapa orang ada yang bilang nama lain dari kacang atom adalah kacang Sanghai, namun juga ada yang menyatakan jika kedua jenis makanan ringan tersebut adalah berbeda satu sama lain, sehingga menjadi sebuah kontroversi.

Selain itu untuk saat ini nama yang sedang ngetrend dari kacang atom ini adalah "Katom" yang merupakan singkatan dari kacang atom, dan istilah ini didapatkan dari sebuah iklan komersial yang menyebut kacang atom sebagai katom. Dahulu ada kacang atom dengan merk tertentu yang memiliki rasa pedas, namun sekarang kami rasa sudah jarang yang ada untuk kacang atom rasa pedas, dan yang kebanyakan ada adalah kacang atom biasa.

Kacang atom selain disukai orang dewasa juga sangat disukai oleh anak-anak, karena banyak sekali merk-merk kacang atom yang tersebar dipasaran dengan harga yang murah dan kemasan yang sangat menarik. Namun mungkin ada diantara anda yang ingin mencoba untuk membuat kacang atom sendiri dan jika anda belum tahu resep dan cara membuatnya, bacalah uraian dibawah ini.
Bahan-bahan yang dibutuhkan :
200 gram kacang tanah tanpa kulit
200 gram tepung tapioka
2 siung bawang putih
2 sendok kecil garam

Cara membuat
1. Campurkan 200 ml air dengan 50 gram tepung tapioka, kemudian tambahkan bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan, aduk dan didihkan
2. Masukan kacang tanah pada adonan yang sudah dibuat kemudian aduk hingga merata
3. Siapkan tampah kemudian masukan kacang tanah tersebut, dan taburilah dengan sisa tepung tapioka, kemudian goyang-goyangkanlah tampah hingga seluruh permukaan kacang terlapisi tepung
4. Jika sudah gorenglah sambil diaduk perlahan-lahan sampai matang.

0 comments:

Post a Comment