Membuat Keripik Pisang Manis Sederhana dan Mudah

Kemarin kami membahas tentang cara membuat salah satu kuliner yang sering dijadikan oleh-oleh yaitu Sale Pisang, dan sekarang masih seputar tentang pisang yang dijadikan sebagai makanan ringan yaitu berupa keripik yang terbuat dari pisang sehingga banyak orang yang lebih mengenalnya sebagai keripik pisang. Keripik seperti ini oleh masyarakat Jawa banyak yang lebih mengenalnya sebagai Ceriping Gedang, yang sangat digemari oleh masyarakat karena rasanya yang enak dan khas dan harganya juga ringan dikantong.

Beberapa jenis pisang yang sering digunakan untuk membuat keripik pisang ini adalah pisang kepok, pisang raja, pisang raja nangka, pisang tanduk dan pisang ambon. Hal ini tentu juga dipengaruhi oleh selera masing-masing, karena tiap jenis pisang memiliki cita rasa yang berbeda sehingga hasil olahan keripik pisang juga akan memiliki rasa khas yang berbeda.

Uniknya lagi ada yang menggunakan bahan buah pisang yang setengah matang atau agak muda dalam membuat keripik ini, karena memiliki alasan dagingnya masih keras sehingga mudah untuk diiris-iris tipis untuk dibuat keripik. Selain itu jika dilihat dari bentuknya pada umumnya keripik pisang ada dua macam yaitu yang berbentuk memanjang dan ada juga yang berbentuk lingkaran kecil-kecil karena dalam pembuatannya dipotong vertikal.

Keripik pisang juga merupakan warisan budaya kuliner Indonesia yang kabarnya sudah ada sejak jaman dahulu, dan kemungkinan semua orang pernah mencicipinya, karena makanan ringan ini juga sangat mudah untuk kita dapatkan ditoko oleh-oleh, toko kue maupun pasar tradisional. Namun saja mungkin ada diantara dari anda yang ingin mencoba untuk membuat keripik pisang sendiri sebagai camilan keluarga maupun tamu, atau mungkin akan dijadikan sebagai usaha bisnis. Jika memang demikian dan anda belum tahu resep dan cara membuatnya, berikut adalah cara membuat keripik pisang manis yang sederhana dan mudah  
Bahan-bahan yang dibutuhkan 
1 sisir pisang yang setengah matang jenisnya sesuai selera anda
1 sendok kecil kapur sirih + 1 liter air
Garam secukupnya
Daun pandan wangi
Gula pasir
Minyak goreng

Resep Cara Membuat Keripik Pisang :
1. Kupaslah pisang kemudian irislah tipis-tipis memanjang
2. Jika semua sudah rendamlah kedalam air yang sudah dicampur kapur sirih kira-kira 45 menit
3. Tiriskan dan cuci hingga bersih
4. Masukan kedalam wadah dan berilah garam halus, kemudian aduk merata
5. Gorenglah hingga matang dan kering
6. Siapkan wadah, bisa menggunakan wajan kemudian masukan air secukupnya dan panaskan hingga mendidih
7. Jika sudah masukan daun pandan dan gula, kemudian aduklah hingga gula larut dan mengental. Catatan untuk tahap ini gunakan api kecil saja
8. Masukan semua keripik pisang kedalam larutan gula, kemudian aduk hingga merata. Jika sudah angkat dan dinginkan hingga larutan gula mengering.

1 comments: