Cara Membuat Sale Pisang Goreng Manis

Ketika kita berkunjung ke sebuah kota yang memiliki julukan Paris on Java yaitu Bandung, ada sebuah oleh-oleh yang sangat khas dari daerah tersebut yaitu sebuah makanan ringan yang disebut sebagai sale pisang. Oleh-oleh kuliner ini sesuai dengan namanya terbuat dari pisang yang diiris tipis-tipis kemudian dijemur dan diberi beberapa macam bumbu, kemudian digoreng dengan tepung.

Kue ini mungkin bisa dibilang sebagai kue kering karena tektur luarnya keras dan tipis, namun uniknya karena bahan utamanya adalah pisang yang dijemur, sehingga ketika digigit akan agak lunak dan kenyal. Pada proses pembuatannya irisan pisang tersebut dijemur karena memiliki tujuan agar kandungan air didalam pisang akan hilang, sehingga tercipta sebuah makanan yang sangat khas berbeda dengan beberapa jenis makanan atau kue lain yang sama-sama terbuat dari pisang.

Jenis pisang yang pada umumnya digunakan dalam membuat dari oleh-oleh Sale Pisang ini adalah pisang raja atau pisang ambon yang rasanya manis, dan selain itu seperti kita ketahui kedua jenis pisang ini bisa dibilang yang terbaik dibanding dengan jenis pisang lainnya.

Sale pisang bisa dengan mudah kita dapatkan di toko oleh-oleh diberbagai daerah, karena tidak hanya di Bandung saja yang terkenal dengan jenis oleh-oleh ini. Beberapa daerah lain yang juga terkenal dengan Sale Pisang adalah Cilacap, Surabaya, Aceh dan lain-lain, yang mungkin untuk setiap daerah tersebut memiliki ciri khas masing-masing.

Namun jika ada beberapa diantara anda yang ingin mencoba untuk membuat Sale Pisang atau beberapa orang juga menyabutnya sebagai Pisang Sale, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang cara membuat sendiri beserta resep dari sale pisang goreng.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
20 buah pisang ambon
200 gr tepung beras
100 gr tepung sagu
5 sendok makan gula pasir
1 sendok teh air kapur sirih
1/2 sendok teh vanili
400 ml air 

Cara Membuat

1. Siapkan wadah kemudian campurkan tepung beras, tepung sagu, air kapur sirih, vanili, gula pasir, dan air hingga semuanya benar-benar merata
2. Iris-irislah memanjang pisang yang sudah dikupas, jika sudah semuanya jemur dibawah terik matahari hingga kering
3. Gorenglah pisang tersebut hingga matang dan kering, kemudian angkat dan tiriskan
4. Celupkan setiap irisan pisang pada adonan tepung untuk kulit (adonan nomor 1), hingga semua permukaannya merata
5. Gorenglah kembali hingga matang, kemudian angkat dan tiriskan

0 comments:

Post a Comment