Cara membuat Kwaci Labu

Jaman dahulu ada sebuah makanan ringan yang sangat unik yang bernama Kwaci(Kuaci) dan sempat booming ditengah masyarakat, sebagai camilan kering ketika ada acara seperti kumpul warga, begadang dan lain-lain. Keunikan dari makanan ini adalah ketika akan memakannya harus mengupas kulitnya dahulu yang agak keras sehingga dibutuhkan ketelaten dan kesabaran untuk mengambil isi atau dagingnya, karena isi tersebutlah yang bisa dimakan.

Keunikan lainnya Kwaci sendiri sebenarnya adalah biji dari buah labu yang jumlahnya cukup banyak, yang terlihat seperti tidak harganya namun ternyata juga bisa dimakan sebagai camilan. Bagi para penggemarnya Kwaci memiliki keasyikan tersendiri jika dibanding camilan kering lain, karena seperti yang telah disebutkan diatas untuk memakannya saja harus membuka kulitnya yang keras dan tipis, sehingga jika tidak hati-hati maka kulit akan rusak sehingga sulit dibuka.

Hal inilah yang menjadi daya tarik dari camilan ini, padahal seperti kita ketahui yang bisa dimakan pada isi Kwaci sendiri sangatlah kecil, sehingga bisa dikatakan bagi penggemar Kwaci adalah orang-orang yang sabar dan telaten. Jika dilihat dari segi rasanya, Kwaci memiliki rasa yang agak gurih dan asin yang sangat khas sehingga disukai oleh banyak orang, dan dahulu banyak sekali yang dijual di warung-warung dengan kemasan yang menarik dengan berbagai merk dan harganya juga murah.

Menurut kami untuk sekarang sudah sangat jarang yang menjual jajanan tradisional Kwaci ini, mungkin bagi anak-anak jaman sekarang camilan ini dirasa sangat repot untuk memakannya, selain itu tentu saja banyaknya persaingan camilan kemasan modern yang sudah tersebar, sehingga Kwaci seakan-akan sudah dilupakan. Namun bagi anda penggemar kwaci tentu sangat merindukan camilan ini, padahal untuk mendapatkannya tentu juga sulit untuk jaman sekarang, oleh karena itu solusinya anda harus membuatnya sendiri karena sebenarnya cara membuatnya juga sangat mudah dan sangat sederhana.
Bahan-bahan yang dibutuhkan 100 gram biji labu dengan 25 gram garam, kemudian masukan pada panci dan rebuslah dengan air secukupnya hingga mendidih dan mengering. Jika sudah tiriskan biji labu tersebut kemudian jemurlah dibawah dibawah sinar matahari hingga kering dan keras, namun apabila pada musim penghujan anda bisa menggunakan alternatif lainnnya yaitu dengan cara digoreng sangrai(goreng tanpa minyak.

Sangat mudah sekali bukan, sekarang kwaci sudah siap disajikan dan alangkah nikmatnya jika dimakan bersama dengan teman-teman beserta teh atau kopi.

0 comments:

Post a Comment