Cara Mengolah Ubi Ungu Menjadi Keripik

Ubi jalar adalah salah satu sumber karbohidrat yang juga sangat diminati oleh masyarakat, yang memanfaatkan akarnya yang berbentuk ubi. Berdasarkan sumber di Wikipedia tanaman ini kabarnya berasal dari Amerika Selatan tropis yang kemudian tersebar dibeberapa benua, namun hal ini juga masih menjadi kontroversi akan asal-usulnya.

Tanaman ini dikabarkan masuk ke Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya oleh orang Spanyol, dan oleh orang-orang Asia tidak hanya dimanfaatkan ubinya saja namun juga daun muda dari tanaman merambat ini sebagai sayuran. Nama binomial dari ubi jalar adalah Ipomoea batatas L dan pada dasarnya rasa dari ubi ini jika hanya direbus saja akan memiliki rasa yang manis dibandingkan dengan jenis ubi lainnya. Sehingga mungkin karena hal inilah orang-orang bule  menyebutnya sebagai “sweet potato”, atau jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah kentang manis

Jenis ubi ini sendiri sebenarnya juga bervariasi dan salah satunya adalah yang berwarna ungu, sehingga masyarakat Indonesia lebih sering mengenalnya sebagai Ubi Ungu. Ubi jenis ini juga sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat kue baik yang kering maupun yang basah, karena mungkin selain rasanya yang manis juga memiliki warna ungu alami yang lebih menarik jika dibanding ubi jalar jenis lain.

Salah satu hasil olahan dari ubi ungu yang sekarang cukup diminati oleh masyarakat adalah menjadikannya sebagai keripik, yang rasanya manis agak sedikit asin dan renyah ketika digigit. Bahkan jika dibandingkan dengan keripik singkong atau ketelo pohon, keripik ubi ungu atau ketela rambat akan lebih empuk ketika digigit, namun menurut kami untuk pemproduksinya masih lebih banyak untuk keripik singkong dibanding keripik ubi ungu.

Oleh karena itu mungkin ada beberapa diantara anda yang ingin mencoba untuk membuatnya sebagai usaha bisnis, atau untuk disantab sendiri sebagai camilan keluarga. Cara membuatnya sebenarnya juga relatif mudah dan tidak membutuhkan bahan yang terlalu banyak, mengingat rasa dari ubi ini sendiri juga sudah manis dan warnanya juga sudah menarik. Berikut adalah resep dan cara mengolah ubi ungu menjadi keripik
Bahan-bahan yang dibutuhkan
500 gram ubi ungu
Bawang putih dan Garam secukupnya
Air kapur sirih untuk merendam

Cara membuat
1. Kupaslah ubi kemudian cucilah hingga benar-benar bersih
2. Irislah tipis-tipis ubi ungu
3. Rendamlah irisan ubi ungu kedalam air kapur sirih kira-kira 1/2 jam hingga 1 jam. Jika sudah tiriskan
4. Haluskan bumbu, rendam kembali irisan ubi ungu dengan air yang dicampur bumbu halus beberapa saat kemudian tiriskan
5. Gorenglah hingga matang dan mengering, kemudian tiriskan dan dinginkan

Sangat mudah sekali bukan, memang dalam hal ini yang cukup sulit menurut kami adalah ketika mengiris tipis-tipis ubi ungunya, karena jika tidak tipis maka akan kurang renyah sehingga akan kurang nikmat hasilnya. Menariknya seperti kita ketahui ubi ungu sendiri harganya juga masih tergolong murah dan untuk menanamnya juga bisa dibilang mudah, sehingga bagi anda yang ingin usaha bisnis dalam memproduksi keripik ubi ungu maka modal yang dibutuhkan juga tidak akan terlalu besar.

0 comments:

Post a Comment