Resep Membuat Lanting Khas Kebumen

Banyak sekali makanan tradisional yang terbuat dari sumber karbohidrat murah meriah yaitu singkong, yang dibuat sebagai kue basah maupun kering. Sehubungan dengan hal tersebut kali ini kami akan membahas tentang sejenis camilan kering yang terbuat dari bahan singkong yang merupakan sebuah oleh-oleh kuliner khas kota Kebumen Jawa Tengah dan dikenal sebagai Lanting.

Lanting cukup populer diberbagai daerah dinusantara karena harganya yang terjangkau dan rasanya juga sangat gurih yang khas sehingga disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Camilan ini pada umumnya juga memiliki bentuk yang sangat unik yaitu berbentuk lingkaran yang pada bagian tengahnya berlubang dan berwarna kecokelatan namun juga ada yang berwarna merah muda yang lebih menarik, dan selain itu juga ada beberapa orang didaerah lain yang menyebut camilan ini sebagai Klanting.

Bentuk camilan ini memang menyerupai dengan anting-anting yang berbentuk lingkaran berlubang, namun nama dari kue ini apakah memiliki keterkaitan dengan hal tersebut atau tidak, kami juga tidak mengetahuinya, dan yang jelas nama dan bentuk keduanya secara mendasar memang ada sedikit kemiripan.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan di DetikFood.com, daerah Kebumen yang banyak memproduksi camilan kering yang bernama Lanting ini adalah di desa Lemah Duwur, desa Harjo Dowo dan Madureso. Namun selain kota Kebumen beberapa kota yang berdekatan juga banyak dijumpai kuliner yang terbuat dari singkong tersebut yaitu Cilacap.

Setelah membaca sedikit ulasan mengenai kuliner khas Kebumen yang bernama Lanting ini, mungkin ada beberapa diantara anda yang penasaran ingin mencicipinya. Namun mungkin bagi anda yang tinggal didaerah tertentu akan kesulitan untuk bisa membelinya, sehingga solusi terbaiknya adalah dengan membuat Lanting sendiri. Dan berikut adalah resep dan cara membuat Lanting yang mungkin bisa anda coba
Bahan-bahan yang dibutuhkan
1/2 kg singkong 
2 siung bawang putih
1/4 sendok makan ketumbar
Garam secukupnya sesuai dengan selera

Cara Membuat

1. Rendamlah singkong yang sudah dikupas kira-kira satu jam, kemudian dikukus dan haluskan
2. Haluskan bumbunya yaitu bawang putih, ketumbar, dan garam
3. Masukan bumbu tersebut pada singkong yang sudah dihaluskan, kemudian uleni hingga merata
4. Bentuklah adonan seperti tali kemudian potong-potong, dan setiap potongan kemudian bentuklah lingkaran kecil-kecil seperti anting. Tambahan jika anda ingin bentuk lain sesuai selera juga bisa, seperti angka 8 dan lain-lain
5. Masukan semua Lanting mentah yang sudah dibentuk pada tampah yang bersih, kemudian jemur hingga kering
6. Gorenglah hingga warna berubah kuning kecokelatan, angkat dan dinginkan
7. Jika sudah semuanya sajikan

0 comments:

Post a Comment