Resep Membuat Rempeyek Kacang

Rempeyek sebuah camilan kering yang bisa digolongkan sebagai salah satu jenis keripik yang rasanya sangat gurih dan lezat, sehingga cocok untuk camilan atau digunakan sebagai tambahan lauk ketika makan. Pada dasarnya camilan kering ini sangat sederhana, karena hanya berupa adonan tepung beras yang berfungsi sebagai pengikat dari bahan utamanya dan yang paling umum adalah kacang tanah.

Rempeyek kacang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia yang menurut kami juga merupakan salah satu camilan yang tidak akan pernah lekang oleh waktu, karena dari masa ke masa akan selalu ada penggemar setianya. Bahkan dahulu keripik ini sering dihidangkan pada acara-acara tertentu dikampung-kampung beserta masakan  tradisional yang terdiri dari beberapa jenis sayuran dan sangat dikenal oleh masyarakat Jawa sebagai Gudangan.

Bentuk rempeyek kacang juga sangat unik karena tidak beraturan, dan pada permukaannya terdapat kacang tanah sehingga terlihat kasar, bahkan bisa dibilang secara tampilan rempeyek kacang memang jauh dari kata menarik dibandingkan dengan jenis keripik lainnya. Namun walaupun demikian jika dilihat dari sisi rasanya tentu saja akan sangat jauh berbeda dengan bentuknya, bahkan juga lebih enak dibandingkan dengan beberapa jenis keripik lainnya.

Ada rempeyek kacang yang juga sering untuk oleh-oleh yang merupakan hasil produksi home industry dengan merk tertentu. Pada umumnya rempeyek kacang seperti ini berbentuk lingkaran dan jumlah kacangnya jauh lebih banyak hampir menutupi seluruh permukaan dan warnanya juga lebih cokelat. Rempeyek kacang seperti ini rasanya juga lebih lezat karena pengaruh dari jumlah kacang tersebut, dan mungkin juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.

Bagi para ibu rumah tangga tentu saja sangat mudah untuk membuat sendiri rempeyek kacang, karena keripik ini bisa dikatakan sangat umum dan hampir seluruh ibu-ibu rumah tangga di Indonesia bisa membuatnya. Namun jika ada diantara anda yang belum bisa berikut adalah resep dan cara membuatnya
Resep Rempeyek Kacang  
200 gram Tepung beras
1/4 sendok makan tepung tapioka
150 gram Kacang tanah, namun juga bisa lebih sesuai dengan selera anda
2 siung bawang putih
1/2 sendok kecil ketumbar bubuk
2 butir kemiri
santan 125 cc
Air 50 cc
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Haluskan beberapa bahan bumbunya seperti bawang putih, ketumbar dan garam
2. Siapkan wadah dan campurkan air santan beserta tepung kemudian tuangkan bumbu halus dan aduk hingga merata.
3. Siapkan wajan anti lengket panaskan dengan api sedang
4. Tiap adonan satu keripik adalah satu sendok makan dan masukan pada wajan tersebut dan pipihkan tipis.
5. Jika sudah berubah warna dan keras maka angkatlah dan dinginkan

0 comments:

Post a Comment